Selasa, 30 Juni 2009

Lagu Indonesia Raya, Sebuah Jiplakan?

Tidak terasa 'malu'nya saya saat sebuah blog Malaysia mengunggkap kebohongan lagu kebangsaan kita. Saya malu, karena lagu yang selama ini saya nyanyikan dengan penuh hikmat, musiknya di copy dari lagu belanda tahun 1600'an berjudul Pinda-pinda Lekka-lekka. Siapakah yang meng'copy' hanya waktu yang bisa menjawabnya.



inilah lagu tersebut, silahkan pembaca bandingkan:


dan Inilah lagu lengkapnya:

berikut petikan yang terdapat pada blog tersebut:
Indonesia sendiri sepatutnya mencermin diri mereka dahulu sebelum
menuduh Malaysia menciplak (jiplak) budaya mereka. Ini kerana, lagu
Indonesia Raya yang merupakan lagu kebangsaan mereka bukanlah ciptaan
asli negara Indonesia. Ia sebenarnya adalah lagu ciplak alias cetak
rompak. Tonton klip video di sebelah.

Klip video di atas membuktikan bahawa lagu Indonesia Raya diplagiat
dari lagu Belanda Lekka Lekka, Pinda Pinda. Nampaknya Indonesia begitu
sayangkan Belanda hingga lagu penjajah itu dijadikan lagu kebangsaan
mereka. Amat memalukan sekali!

Lagu kacang juga jadi pilihan. Kenapa kacang pulak? Sebenarnya,
perkataan Lekka dalam bahasa Belanda bermaksud sedap, manakala Pinda
pula bermaksud kacang.
Bendera Indon Tersilap Pasang

Gambar di sebelah pula menunjukkan naskhah muzik asal yang diciplak Indonesia menjadi lagu kebangsaan mereka.

Bukti lain yang mengatakan Indonesia meniru lagu Belanda ini terdapat dalam wikipedia. Berikut ialah petikannya.Semoga ini lagu hanya memiliki kesamaan, semoga saja. Bagaimana tanggapan kamu?

Share/Save/Bookmark

Baca Juga :


Widget by EsCampur88

Comments :

100 komentar to “Lagu Indonesia Raya, Sebuah Jiplakan?”

mungkin ini hanya kebetulan saja..
Wallahua'lam..

maulana usaid mengatakan...
on 

aduuh.....dapet dari mana tuh??masak sih WR Supratman ngejiplak

ardi33 mengatakan...
on 

moga aja nggak degh

die-silver.blogspot.com mengatakan...
on 

Bolang, Si Bolang....
Si BOcah Petualang..
Kuat kakinya, seperti kaki kijang,
Hap, Hap, Hap, Hap...

Si Bolang mengatakan...
on 

perlu dicermati juga yah

hendrie k_bejo mengatakan...
on 

aq gak yakin...tetep percaya indonesia raya adalah hasil karya dan untuk bangsa indonesia

goceng mengatakan...
on 

Aku berkunjung untuk mencari pencerahan dari blog ini. Semoga menjadi sarana mencari keberkahan hidup.Amin

eri-communicator mengatakan...
on 

Ha...ha...ha...sama di mananya.... Daripada malaysia 100% nyontek, tiap motif batiknya, trus tiap notlagunya...trus ngaku buat sendiri. Huaa...ha...ha....ha...biasalah di dunia ini, maling teriak maling

donni mengatakan...
on 

wah kok nee no coment

Kautsar mengatakan...
on 

EUY ITU SUMBER-NYA DARI BLOG-NYA MALAYSIA ATAWA SII MALINGSIA YA ?? WALAU APAPUN YG TERJADI, INDONESIA KEBANGGANKU..dasar ntuh malay..gara-gara ketauan ngejiplak lagu indonesia malah nuduh2 indo ngejiblak..apa gk senang ma indo yg mau lebih maju ?? duuh..ayoo kita sebagai orang indonesia jgn mau di bilang plagiat..ketika itu kan wr supratman membuat lagu itu dalam keadaan terdesak untuk segera memerdekakan indo yg mana syarat-nya haru punya lagu nasional..sedangkan sii malay itu ngejiplak lagu indo atas alasan apa? apa karna pada takut negara-nya kalah gitu..huh..

Juragan mengatakan...
on 

biasa kalo orang udah sukses, ya banyak cemooh nya.. es campur makasih dah mampir ke Aviezab's Site... thanks

Anonim mengatakan...
on 

Iya, sih klu di dengar perbandingannya di video 1 sepertinya sama, tapi setiap kali mau nyambung lagunya kesulitan...
Trus di video kedua, waktu coba nyanyi Indonesia raya pakai nada Pinda-pinda lekka-lekka, kesulitan sekali...
Entahlah mungkin ciri lagu mars emang kayak gitu....
Coba deh nyanyiin Indonesia raya pakai nada Pinda-pinda lekka-lekka pasti susah, trus nyanyiin lagu pinda-pinda lekka-lekka pakai nada Indonesia Raya, malah jadi lucu, klu emang sama, kan harusnya enak aja masuknya... Entahlah

Siska mengatakan...
on 

waduh,,, masak sih??? baru tau ina....

ina mengatakan...
on 

nice post..please link back and read my article in bukisa

writer-info mengatakan...
on 

Ku ga yakin deh.

andi mengatakan...
on 

Ha...ha...sabar teman-teman, ngapain dengar malaysia, orang Belanda aja ga ada yang gubris.... Lalu kenapa malaysia yang pusing coba? Biasalah bangsa suka cari gara-gara kaya' itu... biarin aja.
Betul kata siska...emang aneh klu ditukar lagunya...
karena PPLL itu notnya 3 4 5 --- 5 (3) (2) (1)--- 5 ...
Sedang Indonesia Raya itu 3 4 5 ---(3)(3)(2)(2)(1)--- 5...
Berapa sih lagu di muka bumi yang pake not dengan kombinasi 3453215...belum lagi jika masuk pengaturan temponya diabaikan...wuih banyak banget
Klu anda suka main piano sering banget mainin lagu yang notnya kaya' gitu....makanya belanda aja gak ngomong, karena ga penting. Tapi bagi malaysia, itu adalah setitik cahaya untuk menyelamatkan mukanya dari dari kata penjiplak, makanya masalah kecil itu diperbesar....he..he.
@Aviezab...malaysia emang lebih sukses di dunia ini, tapi klu sikapnya selalu ngajak berkelahi Indonesia, saya ragu malaysia bisa sukses di akhirat, he...he. ALLAH swt, suka sama kedamaian loh...

Zulfikar mengatakan...
on 

woi... nada cuma 7.... bisa ja terjadi kesamaan...

Isdarmady mengatakan...
on 

MUNGKIN YG terjdi CMN kesamaan sobat,... bkn jiplakan tp tetap INDONESIA I LOVE UUUUUUUU...........

ritz mengatakan...
on 

mudah-mudahan cuman mirip aja, bkn jiplakan

My Blogs mengatakan...
on 

He...he...dia kasih cuplikan dari wikipedia, nih gue kasih cuplikan dari halaman yang sama...
"lagu Boola-boola dan Lekka Lekka tidak sama persis dengan Indonesia Raya, dengan hanya delapan ketuk yang sama. Begitu juga dengan penggunaan Chord yang jelas berbeda. Sehingga, ia menyimpulkan bahwa Indonesia Raya tidak menjiplak."...
Udah selesaikan...?

Fritz mengatakan...
on 

saya dengar gak ada mirip mirip nya ?apa yang sama dari lagu ini ,ngaco nech orang malay tu ?indonesia membuat lagu sendiri gak menjiplak koq?lucu ya lagu nya hehehehe

agus mengatakan...
on 

Halaooooooo Indonesia tanah air ku wahhh,Nasionalis banget neee hehehe?
moga2 lagunya g ada yg baajak lagi!!!

an Expert Rohman mengatakan...
on 

lantas siapa pelaku sob..

R15AL mengatakan...
on 

Hmmm...sekarang saya tahu kenapa Malaysia nyontek Rasa Sayange...mereka ternyata buta nada. ga bisa bikin lagu sendiri,...Pinda-pinda lekka-lekka disamain Indonesia Raya, benar-benar buta nada....

Randy mengatakan...
on 

ah mana mungkin itu

En-Najihah mengatakan...
on 

halah...palingan tuh perbuatan dr negara sebelah yg ngiri ma Kita.....taulah negara mana itu...hahaha

japraxxx mengatakan...
on 

mirip nya sebelah mana? tuli! lebih mirip theme song nya film kartun miki mos jaman dulu...

ntin mengatakan...
on 

Jangan percaya!!!
itu cuma ulah org malaysia yg gak bertanggung jawab. Mer udah baca di wikipedia lgsg. ini kutipannya...

"Namun pada saat menjelaskan hasil Festival Film Indonesia (FFI) 2006 yang kontroversial dan pada kompas tahun 1990-an, Remy Sylado,seorang budayawan dan seniman senior Indonesia mengatakan bahwa lagu Indonesia Raya merupakan jiplakan dari sebuah lagu yang diciptakan tahun 1600-an berjudul Lekka Lekka Pinda Pinda. Kaye A. Solapung, seorang pengamat musik, menanggap tulisan Remy dalam Kompas tanggal 22 Desember 1991. Ia mengatakan bahwa Remy hanya sekadar mengulang tuduhan Amir Pasaribu pada tahun 1950-an. Ia juga mengatakan dengan mengutip Amir Pasaribu bahwa dalam literatur musik, ada lagu Lekka Lekka Pinda Pinda di Belanda, begitu pula Boola-Boola di Amerika Serikat. Solapung kemudian membedah lagu-lagu itu. Menurutnya, lagu Boola-boola dan Lekka Lekka tidak sama persis dengan Indonesia Raya, dengan hanya delapan ketuk yang sama. Begitu juga dengan penggunaan Chord yang jelas berbeda. Sehingga, ia menyimpulkan bahwa Indonesia Raya tidak menjiplak."

So, ini berita basi dan udah pernah dijelaskan, tpi skrg malah dibahas ulang ma org malaysia (gak mutu).

mdh2an malaysia segera diberi petunjuk dari Allah SWT agar tidak menghasut Indonesia terus.....

Merin mengatakan...
on 

waduh kalo beneran wr.supratman jiplak / terinspirasi dari lagu belanda, kayak nya indonesia gak punya muka lagi di mata dunia...

Macam2 Tips mengatakan...
on 

mata lo tuh yg jiplak,,
haha,,gx mungkin negara tercinta ku menciplak yg gak2,,,lagu ini lagu kebangsaan woi,,!!gx mungkin ngejiplak lagu orng,gx kayk lo orang malingsilan..dasar gx punya malu,,lo tu cm mengadu dombakna kita supya rasa nasionalisme kita berkurang..

woi asal lo tau malingsialn,,(malay-kampret )!!rasa nasionalisme kami tak akn luntur ,,oleh terjagn fitnah dari negara sialan kamu,,


saat ini kau boleh tertawa..tpi liat suata saat nnti negara kami akan tertawa..melihat kebodohan, kemelaratan dan jg kehancuran negaramu..

camkan itu bodoh...


I LOVE INDONESIA..


MERDEKAAAAAAAAAAAAAAAA


merdeka dengan perjuagn sendri bukan merdeka karna meminta-minta

dasar PECUNDANG.,.



MERDEKAAA...


GARUDA DI DADAKU.,

pasuka gajah mada mengatakan...
on 

mata lo tuh yg jiplak,,
haha,,gx mungkin negara tercinta ku menciplak yg gak2,,,lagu ini lagu kebangsaan woi,,!!gx mungkin ngejiplak lagu orng,gx kayk lo orang malingsilan..dasar gx punya malu,,lo tu cm mengadu dombakna kita supya rasa nasionalisme kita berkurang..

woi asal lo tau malingsialn,,(malay-kampret )!!rasa nasionalisme kami tak akn luntur ,,oleh terjagn fitnah dari negara sialan kamu,,


saat ini kau boleh tertawa..tpi liat suata saat nnti negara kami akan tertawa..melihat kebodohan, kemelaratan dan jg kehancuran negaramu..

camkan itu bodoh...


I LOVE INDONESIA..


MERDEKAAAAAAAAAAAAAAAA


merdeka dengan perjuagn sendri bukan merdeka karna meminta-minta

dasar PECUNDANG.,.



MERDEKAAA...


GARUDA DI DADAKU.,

pasuka siliwangi mengatakan...
on 

alangkah bodoh na orang malingsialn,,,

hahha,,,,gx bisa bikin lagu aj ngomong,.,.
entr w bikinin..

tuh malhn mbah surip dah bikin lagu buat lo..

TAK GENDONG.
oekoekoekee

malaysialan.com mengatakan...
on 

ah dasar malaysia tuh yang kurang ajar!!!!

beda tuh.....cuma sengaja aj di miripin....

pendengaran kita di sugesti......

adiwaru mengatakan...
on 

SERBU, SEMUA!!!

Anonim mengatakan...
on 

apaan tuh? gak ada mirip2 nya.. cuma pas pinda2 lekka nya doang..
dasar maling sia mencuci tangan.. gak mau disalahin!!!

Anonim mengatakan...
on 

ih si goblok.. coba dengerin yg versi lengkapnya pinda lekka..
urutannya gak kaya yg di lagu indonesia raya.. jadi tuh si malingsia crop paste lagunya gak berurutan sehingga jd mirip indonesia raya. trus nadanya yang di indonesia raya, di tinggi2 in dikit
dasar mental penjiplak

Anonim mengatakan...
on 

abis gue denger lekka lekka pinda pinda, gue nyimpulin kalo lagu itu BEDA sam Indonesia Raya. geblek aja yg mau2nya dikomporin Malaysia.

Anonim mengatakan...
on 

apanya yang samaaa? nadanya? liriknya? beda banget tauuuukkk!!!
plagiat gimane? asbun!!

Anonim mengatakan...
on 

'Tetangga' itu kampungan sekali yaa..
udah nuduh kita plagiat, sekarang malah Lagu Indonesia Raya diplesetkan dgn kalimat yg amat sangat kampungan & amoral. Kita doakan saja semoga apa yg ditulis/diplesetkan justru berbalik ke penulisnya..
Apa yang dia tulis, itu yang dia tuai...Amin!

Anonim mengatakan...
on 

yg bikin tulisan dodol juga, ngapain harus malu? udah denger belum tuh lagu 22nya? ga da miripnya lagi. saya ga paham istilah musik, cuman klo untuk gaya musik, smua musik tahun 30-40 gayanya ya gitu smua, lo dengerin dulu gih, musik 30an kaya gimana, baru dipanasin maling kaya gitu aja kok kasih komen ga smart bgt... jangan2 yg bikin maling ngaku orng indonesi lagi. soalnya org indonesia kayaknya ga se goblok gitu deh ..

Anonim mengatakan...
on 

ini yg posting oon nich.. belajar musik ga sih dulu di SD ? jelas2 beda gitu intonasi dan nadanya.. parah lo, blom apa2 uda maen kecewa aja..

Anonim mengatakan...
on 

eh gila l... asal aja blg lagu indonesia raya ngejiplak... dr lirik na aja beda jauh....
dasar malingsial,bikin adu domba aja.. tau malu dikit dunk.
l minta2 kemerdekaan, sedangkan INDONESIA memperjuangkan kemerdekaan itu ampe titik darah penghabisan...

mank ga taw malu, bs na maen d dunia maya, klo mo brantem pke cara yg sehat dunk... tunjukin muka asli l.. yg ada ciut nyali l....

Anonim mengatakan...
on 

INDONESIA RAYA lagu ku
MERAH PUTIH bendera ku
GARUDA lambang ku

GARUDA TETAP DI DADA KAMI PEMUDA INDONESIA

Anonim mengatakan...
on 

siapa sih, yg bilang mirip? coba belajar musik dulu deh, baru komentar...

Anonim mengatakan...
on 

kebanyakan es campur kali, jdi pilek tuh otaknya!!!

Anonim mengatakan...
on 

mau numpang rame mas, traffic-nya? cari dong yang kreatif dan positif!!!

Anonim mengatakan...
on 

Remy Sylado, seorang budayawan dan seniman senior Indonesia mengatakan bahwa lagu Indonesia Raya merupakan jiplakan dari sebuah lagu yang diciptakan tahun 1600-an berjudul Lekka Lekka Pinda Pinda. Kaye A. Solapung, seorang pengamat musik, menanggap tulisan Remy dalam Kompas tanggal 22 Desember 1991. Ia mengatakan bahwa Remy hanya sekadar mengulang tuduhan Amir Pasaribu pada tahun 1950-an. Ia juga mengatakan dengan mengutip Amir Pasaribu bahwa dalam literatur musik, ada lagu Lekka Lekka Pinda Pinda di Belanda, begitu pula Boola-Boola di Amerika Serikat. Solapung kemudian membedah lagu-lagu itu. Menurutnya, lagu Boola-boola dan Lekka Lekka tidak sama persis dengan Indonesia Raya, dengan hanya delapan ketuk yang sama. Begitu juga dengan penggunaan Chord yang jelas berbeda. Sehingga, ia menyimpulkan bahwa Indonesia Raya tidak menjiplak.[1]

http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia_Raya

nova mengatakan...
on 

menurut saya tidak mirip,, memang ada beberapa nada yang hampir sama tapi tidak semuanya.. menurut saya hanya di bagian "disana" dari bait "disanalah aku berdiri" yang terkesan mirip sehingga orang berfikir bahwa lagu tersebut adalah jiplakan.. justru kalau anda simak secara seksama hanya ketukannya/temponya saja yg mirip penggunaan chord jelas berbeda.. wajar jika WR Supratman menciptakan lagu yang beraroma irama belanda karena pada saat itu belanda lama menyebarkan budayanya di Indonesia tercinta ini.. saat ini lebih baik kita jangan sampai terpancinng emosi,, hal yang lebih baik kita lakukan adalah lebih waspada, mencintai, menjaga, melestarikan dan memperkenalkan budaya yang kita miliki.. tunjukan pada dunia bahwa INDONESIA ADALAH NEGARA YANG MEMILIKI KEKAYAAN BUDAYA, RAMAH DAN BERETIKA..

I LOVE INDONESIA

amelia mengatakan...
on 

setelah saya dengarkan tidak mirip, hanya ada nada yang sedikit sama, tapi itu bukan berarti menjiplak, udah lah kalo uda salah ya salah tidak usah mencari kesalahan orang lain




HIDUP INDONESIAKU

Andika mengatakan...
on 

Tentu saja tidak menjiplak, itu hanya suatu kebetulan ada kemiripan saja... sangat tidak sama dan saya tidak pernah malu karenanya... hanya orang yg tdk punya rasa patriotisme dan mudah diadudomba dan dibimbangkan bangsa lain yg tidak tegar dan teguh pendiriannya yang menganggap lagu INDONESIA RAYA menjiplak. Not For Me!!! HIDUP INDONESIA!!!

Anonim mengatakan...
on 

Cuma INTRO bagian awal yang sama ... itupun hanya 4 not sahaja. Lainnya? Beedaaa jaauuuhhh bangeeettt lah yauwww.... Ngerti gak sih?

Anonim mengatakan...
on 

Kasihan...
kasihan banget orang yg mengangkat kembali hal ini: kelihatan banget kalau gak ngerti artinya jiplak. Bahkan mungkin musikalitas pun dia gak punya.
Siapa pun dikau, berhentilah mempermalukan diri sendiri !!!

Anonim mengatakan...
on 

ya ampun... miripnya cuma 2 detik pertama.
sisanya beda jauh. haha. telinganya budek kali yg bilang ngejiplak.

Michael mengatakan...
on 

baca smua posting di http://penipuan-jawa.blogspot.com/

my blog my diary (: mengatakan...
on 

Remy Sylado, seorang budayawan dan seniman senior Indonesia mengatakan bahwa lagu Indonesia Raya merupakan jiplakan dari sebuah lagu yang diciptakan tahun 1600-an berjudul Lekka Lekka Pinda Pinda. Kaye A. Solapung, seorang pengamat musik, menanggap tulisan Remy dalam Kompas tanggal 22 Desember 1991. Ia mengatakan bahwa Remy hanya sekadar mengulang tuduhan Amir Pasaribu pada tahun 1950-an. Ia juga mengatakan dengan mengutip Amir Pasaribu bahwa dalam literatur musik, ada lagu Lekka Lekka Pinda Pinda di Belanda, begitu pula Boola-Boola di Amerika Serikat. Solapung kemudian membedah lagu-lagu itu. Menurutnya, lagu Boola-boola dan Lekka Lekka tidak sama persis dengan Indonesia Raya, dengan hanya delapan ketuk yang sama. Begitu juga dengan penggunaan Chord yang jelas berbeda. Sehingga, ia menyimpulkan bahwa Indonesia Raya tidak menjiplak.[1]

Luqman Satriya Siambodo mengatakan...
on 

ok lah kalo begitu
loe mau apa sekarang
loe jual gw beli
kapan bisanya
NKRI harga mati

Anonim mengatakan...
on 

sesama pencuri dilarang saling "mengaku-aku" ya??

Anonim mengatakan...
on 

Harus dicermati.....

Interne Business mengatakan...
on 

JIPLAKAN? BEDA LAH...

Kalo loe bilang arsemen orang Belanda (Jozef van Cleber) bener. Kalo gubahan mah tetep WR Supratman yang direkam ama Yo Kim Tjan.

Liat dunkz lagunya, Deutchland Stanza banget. Eropa banget, bukan Blues kayak gitu...

Anonim mengatakan...
on 

gak mirip bgt bro...kuping lo kali yg budeg,,,wkwkwkwk

Anonim mengatakan...
on 

gak mirip bgt bro...kuping lo kali yg budeg,,,wkwkwkwk

Anonim mengatakan...
on 

gak mirip bgt bro...kuping lo kali yg budeg,,,wkwkwkwk

Anonim mengatakan...
on 

MaLaysiaLan!!!!!!!!!ngentot Lo...!!!!!!!!!!

Anonim mengatakan...
on 

hai bro... lagu kebangsaan Malaysia (negaraku) juga jiplakan dari lagu Indonesia "Terang Bulan"

Sumber:http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2009/08/28/brk,20090828-194952,id.html
----------------------------------------------------------
000000000000000000000000000000000000000
-----------------------------------------------------------
Jiplak Lagu Terang Bulan, Malaysia Akan Disomasi

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/fokus/2009/08/29/fks,20090829-812,id.html
----------------------------------------------------------
atau sumber lain
http://www.ngobrolaja.com/showthread.php?t=53151
atau cari digoogle

Mustakim Ahmad mengatakan...
on 

kalo aku, tidaklah malu kalau memang benar musik Indonesia Raya, berasal dari musik yang diciptakan warga belanda, karna memang Indonesia dan belanda terdapat hubungan yang menghubungkan mereka berdua.

tapi sebelum itu musiknya tidaklah 100% sama, terdapat perbedaan dari musiknya,


nah kalau dibanding dg negara malaysia apa yang menghubungkan mereka dg Indonesia..??
hanyalah bertetangga, bahkan pernah memiliki hubungan yang buruk,
bahkan musiknya itu 100% sama dg musik terang bulan!!!



bisa kita praktekkan saat kita menggunakan musik itu untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, beda!!!
kalau musik kebangsaan malaysia, dg jelas dan mudah untuk menggunakan musik kebangsaan malaysia untuk menyanyikan lagu terang bulan atau sebaliknya.

dan untuk yang memiliki blog ini kurasa.... ah tidak bukan kurasa, tapi pasti... pasti kau bukanlah orang yang cinta tanah air dengan secinta cintanya, kau adalah termasuk golongan munafik!!!
Laknatullah kau!!!

buktinya mengapa kau memasukkan kalimat ini,

"Lagu kacang juga jadi pilihan. Kenapa kacang pulak? Sebenarnya,
perkataan Lekka dalam bahasa Belanda bermaksud sedap, manakala Pinda
pula bermaksud kacang.
Bendera Indon Tersilap Pasang"

ada kata kata yang mengejek Indonesia disitu,



dan juga aku malu dg komentar orang Indonesia yang terlalu kasar disini, semestinya kita haruslah tetap berpositif dan bersabar hati.

Billy Mandala Putra mengatakan...
on 

Lagu Indonesia Raya, Sebuah Jiplakan?

Tidak terasa 'malu'nya saya saat sebuah blog Malaysia mengunggkap kebohongan lagu kebangsaan kita. Saya malu, karena lagu yang selama ini saya nyanyikan dengan penuh hikmat, musiknya di copy dari lagu belanda tahun 1600'an berjudul Pinda-pinda Lekka-lekka. Siapakah yang meng'copy' hanya waktu yang bisa menjawabnya.[-------]

yang nulis artikel di atas tadi orang INDONESIA atau BUKAN?
anda MALU menyanyikannya? anda malu menyanyikannya disebabkan oleh KEBODOHAN anda di bidang musik dan status anda sebagai orang yang BUTA NADA.


saya curiga, yang bikin artikel tadi BUKAN orang INDONESIA.

Anonim mengatakan...
on 

bodoh2nya orang indonesia ini, baca dul usejarah lagu ini sehingga ada lagu Indonesia Raya, ini untuk memajukan musik di Indonesia,, ckckck
Bodoh yang punya thread..

Anonim mengatakan...
on 

dasar Malingsia keparat! lagu ndak ada mirip miripnya getho dibilang Njiplak

Anonim mengatakan...
on 

pantat lo jiplak!!!!!!! itu mah ulah si malaysia yg ngompor2in. mau aja lu dikompor2in ama malaysiaa. makin seneng dia .
INDONESIA RAYA is ORIGINAL SONG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
hidup indonesia... FUCK buat yg ngompor2in yg ternyta org indo juga bAsi loooo

Anonim mengatakan...
on 

biasa otak orang Malaysia kan dongo alias otak tumpul, ngomong asal jeplak. IQ nya dongo alias bebal. masa lagu yang gak ada miripnya sama sekali sama Indonesia Raya disebut mirip. kuping nya dikorek pake linggis malon. dasar tolol

Anonim mengatakan...
on 

TOLOL BANGET
DARI MANA SEGI MIRIPNYA COBA
DASAR MALINGSIA CARI GARA2 GARA2 MALU KETAUAN LAGU KEBANGSAAN YG DI BANGGA2IN KETAUAN PLAGIAT WAKAKAKAKAKA
KASIAN BGT LO NEGARA MALING UDAH GITU MAU COBA JELEK2IN ORANG
ICH NAJIS BGT

Rio mengatakan...
on 

coba minta NOT ANGKA / NOT BALOK ( partitur ) nya secara lengkap dari Indonesia Raya maupun Pindha Pindha Lekka Lekka.

Anonim mengatakan...
on 

http://4.bp.blogspot.com/_19j87EQervM/SU98Udx5WdI/AAAAAAAADMg/abAnXF5srC8/s400/indonesia+raya.JPG

ini NOT ANGKA Indonesia Raya. mana NOT ANGKA Pindha Pindha Lekka Lekka.

Anonim mengatakan...
on 

Thankyou for writing on a topic like this. I am so going to bookmark this web right away.
But it would have been better if there were more screenshots.

Dallas Painters mengatakan...
on 

mungkin penulis artikel ini sampai detik ini tidak mampu mencaari lagu yang mirip dengan bagian chorus indonesia raya untuk merusak nama baik lagu indonesia.setelah frustasi dan merasa cukup hanya dengan bermodal "mirip" dibagian verse saja dia sudah berfikir mampu menjelek2kan lagu kebangsaan kita :) saya akui memang pada part verse mirip dengan lekka lekka,namun tidak pada notasinya.dan lekka lekka tidak punya chorus seperti indonesia raya, yang sangat bersahaja dan membahana :)

dan jika melihat cara orang ini menyampaikan komentarnya nenek2 dugem pun tahu bahwa ia bukan orang indonesia,namun orang malaysia yang ingin memulai kembali perseteruan dari dalam alias tidak ingin diketahui identitasnya sebagai orang malaysia :)

la carpelaque mengatakan...
on 

org malaysia aja tuh yg syirik sma kita... mungkin lgu kebangsaan kita trlalu bgusss,,,

Agen xamthone plus bandung mengatakan...
on 

itumah akal"an org malaysia aja tuh yg gk punya tau malu...

Agen xamthone plus medan mengatakan...
on 

Ketika mempublikasikan Indonesia Raya tahun 1928, Wage Rudolf Soepratman dengan jelas menuliskan "lagu kebangsaan" di bawah judul Indonesia Raya. Teks lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali oleh suratkabar Sin Po.

Setelah dikumandangkan tahun 1928 dihadapan para peserta Kongres Pemuda II dengan biola, pemerintah kolonial Hindia Belanda segera melarang penyebutan lagu kebangsaan bagi Indonesia Raya. Meskipun demikian, para pemuda tidak gentar. Mereka menyanyikan lagu itu dengan mengucapkan "Mulia, Mulia!" (bukan "Merdeka, Merdeka!") pada refrein. Akan tetapi, tetap saja mereka menganggap lagu itu sebagai lagu kebangsaan. Selanjutnya lagu Indonesia Raya selalu dinyanyikan pada setiap rapat partai-partai politik. Setelah Indonesia merdeka, lagu itu ditetapkan sebagai lagu Kebangsaan perlambang persatuan bangsa.

Namun pada saat menjelaskan hasil Festival Film Indonesia (FFI) 2006 yang kontroversial dan pada kompas tahun 1990-an, Remy Sylado, seorang budayawan dan seniman senior Indonesia mengatakan bahwa lagu Indonesia Raya merupakan jiplakan dari sebuah lagu yang diciptakan tahun 1600-an berjudul Lekka Lekka Pinda Pinda. Kaye A. Solapung, seorang pengamat musik, menanggap tulisan Remy dalam Kompas tanggal 22 Desember 1991. Ia mengatakan bahwa Remy hanya sekadar mengulang tuduhan Amir Pasaribu pada tahun 1950-an. Ia juga mengatakan dengan mengutip Amir Pasaribu bahwa dalam literatur musik, ada lagu Lekka Lekka Pinda Pinda di Belanda, begitu pula Boola-Boola di Amerika Serikat. Solapung kemudian membedah lagu-lagu itu. Menurutnya, lagu Boola-boola dan Lekka Lekka tidak sama persis dengan Indonesia Raya, dengan hanya delapan ketuk yang sama. Begitu juga dengan penggunaan Chord yang jelas berbeda. Sehingga, ia menyimpulkan bahwa Indonesia Raya tidak menjiplak.

salazarneo mengatakan...
on 

One can easily under stand the main theme of this blog, by learning through task and description.

voicemail mengatakan...
on 

Willem Frederik Christiaan Dieben (Den Haag, 5 april 1886 – Den Haag, 9 april 1944) was een Nederlandse zanger die in de periode tussen de beide wereldoorlogen onder de naam Willy Derby een van de populairste artiesten van Nederland was. Tot zijn bekendste liedjes behoren: Het plekje bij den molen (Daar bij dien molen), Twee oogen zoo blauw, Pinda Pinda Lekka Lekka en smartlappen als: Hallo Bandoeng, Het fiere schooiershart, Droomland en Witte Rozen.

itu lagu bukan dirilis taon 1600. dasar Pinter!

Anonim mengatakan...
on 

ngx sama kok.simak deh perketukannya. ngx sama blassss..............

Anonim mengatakan...
on 

apanya yang sama-_- mabok tuh malaysia

prili mengatakan...
on 

bagian mana dari lagunya yang sama?!! denger tuh klip lagu yg kedua tdk ada samanya, ketukkannya aja udah beda. Dasar malaysia tukang tipu...

Anonim mengatakan...
on 

lagu pertama sudah diedit gitu....disama-samakan nadanya. dengar tuh lagu kedua....beda bangett!!!

Anonim mengatakan...
on 

lagu pertama sudah diedit gitu....disama-samakan nadanya. dengar tuh lagu kedua....beda bangett!!!

Anonim mengatakan...
on 

woy tuh berita lu dapat dari blog malayasial luh tau malayasial itu negara anjing babi,, yg suja jelekin negara indonesia, mampus luh anjing malaya masih dijajah british 996 taun lagi, malayasial luh tiap hari jilatin dubur si elizabeth

Agus_jung_triadi mengatakan...
on 

gak usah bilang plagiat gitu dulu deh. belajar aja dulu ngedengerin nada dan not dasar ya utk yg bikin stetmen kaya gini. suck banget stetmennya, freak

Anonim mengatakan...
on 

ass
seharusnya anda tidak ikut_ikutan mmbuat blog in..
sama dengan anda membuat masalah.
anda menjajah negara anda sendiri.

seharusnya yg buat BLOG ini malu..!!

Anonim mengatakan...
on 

Stock Tips
The best stock tips that you should commit to memory is to keep your calm always. It is never good to panic, since you will not perform well if your mind is full of troubled thoughts.

epicresearch2 mengatakan...
on 

Online Share Trading
Stock tips are generally based on the pre-trading circumstances and trend; no one can give exact information about stock market

epicresearch2 mengatakan...
on 

beda GOBLOK ! yang kaya gitu dibilang sama, lihat aja dari tempo lagu nya.. lagu indonesia raya cenderung lebih slow, sedangkan lagu asal belanda tersebut cenderung fast.. dari nada nya aja sudah terlihat beda !

Anonim mengatakan...
on 

Saya yang budeg ato gimana? MENURUTKU SEDIKIT PUN GAK SAMA..... ASTAGA, KALIAN DENGAR DARI MANANYA SAMA ????

Anonim mengatakan...
on 

akal akalan orang malengsialan

Anonim mengatakan...
on 

MODARRO SHU!!!!!

Anonim mengatakan...
on 

MALAYSIA SEPERTI ANJING DIBAKAR SAPI!!

Anonim mengatakan...
on 

aran sement musik doang yg sama nada lagu tetep beda.....

Anonim mengatakan...
on 

Indonsial terbakar..... boola boola..

Anonim mengatakan...
on 

Drama Kau berasal dari bintang ditiru dan diplagiat daripada cerita drama cina SBS Contents Hub 'Man from the stars'.

Anonim mengatakan...
on 

Itu mungkin hanya jiplakan kecil.. Dan Lagu indonesia yang dijiplak negara luar itu biar pemerintah yang menangani.

abdullah sidiq mengatakan...
on 

Sama sekali berbeda. Tidak ada kesamaan. Urutan notasi melodi maupun urutan chord-nya beda total! Tidak bisa dibilang menjiplak.
Hanya jenis lagunya mungkin sama. Silakan membandingkan lagu Nenek Moyangku Seorang Pelaut dengan Aku Seorang Kapiten. Atau bandingkan lagu Berkibarlah Benderaku dengan Dari Sabang Sampai Merauke. Masing-masing mirip tapi sama sekali memiliki lagu dan chord yang berbeda. Semoga bisa kembali diluruskan.

adrian mengatakan...
on 

Posting Komentar

Mari saling Bertukar Komentar. Escampur88 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi rekan-rekan yang mau menyisahkan waktunya untuk berpendapat mengenai informasi yang kami berikan.

BELUM PUNYA BLOG? bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau laine (contoh: http://profiles.friendster.com/69373374)