Selasa, 11 Agustus 2009

Misteri Angka Empat Pada 'Jam Gadang', Ada Yang Tahu?

IIII Atau IV ?
Ada yang unik dari salah satu ikon masyarakat Sumatera Barat ini, jika Anda seorang pelancong yang pernah mengunjungi objek wisata Jam Gadang maka perhatikan pada penulisan angka pada jam tersebut, ada yang unik pada angka empatnya.
Ada yang tahu?


Dibangun pada tahun 1926 oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh. Peletakan batu pertamanya dilakukan oleh seorang anak berusia 6 tahun, yaitu putra pertama Rook Maker. Bangunan ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota).
Simbol khas Bukittinggi dan Sumatera Barat ini memiliki cerita dan keunikan dalam perjalanan sejarahnya. Hal tersebut dapat ditelusuri dari ornamen pada Jam Gadang. Pada masa penjajahan Belanda, ornamen jam ini berbentuk bulat dan di atasnya berdiri patung ayam jantan.

Pada masa penjajahan Jepang , ornamen jam berubah menjadi klenteng. Sedangkan pada masa setelah kemerdekaan, bentuknya ornamennya kembali berubah dengan bentuk gonjong rumah adat Minangkabau .

Angka-angka pada jam tersebut juga memiliki keunikan. Angka empat pada angka Romawi biasanya tertulis dengan IV, namun di Jam Gadang tertera dengan IIII.

Dari menara Jam Gadang, para wisatawan bisa melihat panorama kota Bukittinggi yang terdiri dari bukit, lembah dan bangunan berjejer di tengah kota yang sayang untuk dilewatkan.

Saat dibangun biaya seluruhnya mencapai 3.000 Gulden dengan penyesuaian dan renovasi dari waktu ke waktu. Saat jaman Belanda dan pertama kali dibangun atapnya berbentuk bulat dan diatasnya berdiri patung ayam jantan.

Sedangkan saat masa jepang berubah lagi dengan berbentuk klenteng dan ketika Indonesia Merdeka berubah menjadi rumah adat Minangkabau.

Setiap hari ratusan warga berusaha di lokasi Jam Gadang. Ada yang menjadi fotografer amatiran, ada yang berjualan balon, bahkan mencari muatan oto (kendaraan umum) untuk dibawa ke lokasi wisata lainnya di Bukittinggi.

"Jam Gadang ini selalu membawa berkah buat kami yang tiap hari bekerja sebagai tukang foto dan penjual balon di sini. Itu sebabnya jam ini menjadi jam kebesaran warga Minang," ujar Afrizal, salah seorang tukang potret amatir di sekitar Jam Gadang.

Untuk mencapai lokasi ini, para wisatawan dapat menggunakan jalur darat. Dari kota Padang ke Bukittinggi, perjalanan dapat ditempuh selama lebih kurang 2 jam perjalanan menggunakan angkutan umum. Setelah sampai di kota Bukittinggi, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota ke lokasi Jam Gadang.

Lebih Dekat dengan Jam Gadang
Sepintas, mungkin tidak ada keanehan pada bangunan jam setinggi 26 meter tersebut. Apalagi jika diperhatikan bentuknya, karena Jam Gadang hanya berwujud bulat dengan diameter 80 sentimeter, di topang basementdasar seukuran 13 x 4 meter, ibarat sebuah tugu atau monumen. Oleh karena ukuran jam yang lain dari kebiasaan ini, maka sangat cocok dengan sebutan Jam Gadang yang berarti jam besar.
Bahkan tidak ada hal yang aneh ketika melihat angka Romawi di Jam Gadang. Tapi coba lebih teliti lagi pada angka Romawi keempat. Terlihat ada sesuatu yang tampaknya menyimpang dari pakem. Mestinya, menulis angka Romawi empat dengan simbol IV. Tapi di Jam Gadang malah dibuat menjadi angka satu yang berjajar empat buah (IIII). Penulisan yang diluar patron angka romawi tersebut hingga saat ini masih diliputi misteri.

Tapi uniknya, keganjilan pada penulisan angka tersebut malah membuat Jam Gadang menjadi lebih “menantang” dan menggugah tanda tanya setiap orang yang (kebetulan) mengetahuinya dan memperhatikannya. Bahkan uniknya lagi, kadang muncul pertanyaan apakah ini sebuah patron lama dan kuno atau kesalahan serta atau atau yang lainnya. Dari beragam informasi ditengah masyarakat, angka empat aneh tersebut ada yang mengartikan sebagai penunjuk jumlah korban yang menjadi tumbal ketika pembangunan. Atau ada pula yang mengartikan, empat orang tukang pekerja bangunan pembuatan Jam Gadang meninggal setelah jam tersebut selesai. Masuk akal juga, karena jam tersebut diantaranya dibuat dari bahan semen putih dicampur putih telur.

Jika dikaji apabila terdapat kesalahan membuat angka IV, tentu masih ada kemungkinan dari deretan daftar misteri. Tapi setidaknya hal ini tampaknya perlu dikesampingkan.
Sebagai jam hadiah dari Ratu Belanda kepada controleur (sekretaris kota), dan dibuat ahli jam negeri Paman Sam Amerika, kemungkinan kekeliruan sangat kecil. Tapi biarkan saja misteri tersebut dengan berbagai kerahasiaannya.

Namun yang patut diketahui lagi, mesin Jam Gadang diyakini juga hanya ada dua di dunia. Kembarannya tentu saja yang saat ini terpasang di Big Ben, Inggris. Mesin yang bekerja secara manual tersebut oleh pembuatnya, Forman (seorang bangsawan terkenal) diberi nama Brixlion.

Sekarang balik lagi ke angka Romawi empat, apakah pembuatan angka empat yang aneh itu disengaja oleh pembuatnya ?, juga tidak ada yang tahu. Tapi yang juga patut dicatat, bahwa Jam Gadang ini peletakan batu pertamanya dilakukan oleh seorang anak berusia enam tahun, putra pertama Rook Maker yang menjabat controleur Belanda di Bukittinggi ketika itu.

Ketika masih dalam masa penjajahan Belanda, bagian puncak Jam Gadang terpasang dengan megahnya patung seekor ayam jantan. Namun saat Belanda kalah dan terjadi pergantian kolonialis di Indonesia kepada Jepang, bagian atas tersebut diganti dengan bentuk klenteng. Lebih jauh lagi ketika masa kemerdekaan, bagian atas klenteng diturunkan diganti gaya atap bagonjong rumah adat Minangkabau.

Share/Save/Bookmark

Suka dengan artikel di atas, mari berlangganan artikel menarik lainnya dari emailmu

Masukan E-Mail kamu dibawah ini, dan dapatkan info terbaru dari EsCampur88:

Delivered by FeedBurner






Baca Juga :


Widget by EsCampur88

Comments :

63 komentar to “Misteri Angka Empat Pada 'Jam Gadang', Ada Yang Tahu?”

Menarik juga misteri anggka IIII mestinya IV hehehehehe mungkin itu wujud penghargaan atas kerja keras 4 tukang heheeeee

an Expert Rohman mengatakan...
on 

kayaknya pembuatnya sengaja aja supaya jadi pertanyaan n jadikan jam itu unik aja deh... hehe...

jalan2 ke t4 akoe n komen di artikel terbaru tentang bahaya sinusitis juga ya...

~Inspirasi Hudupku~ mengatakan...
on 

selamat pagi bro,kreeen infonya bro ditunggu kunjungan balik nya yah

ricky mengatakan...
on 

g ngerti heheh

Raini Munti mengatakan...
on 

kenapa ga misteri 7 angka aja

Blog Joker mengatakan...
on 

hELLO,KUNJUNGAN BALIK NIH Thanks udah berkunjung

CARI DUIT mengatakan...
on 

salam sobat,,hebat ya,,bikinnya saja dari th 1926,,sudah lama sekali .
memang unik ,, masa angka romawi IV jadi IIII.
komentar juga dong,,di ALJUBAIL.S.A,,trims

NURA mengatakan...
on 

biarlah misteri ttp jd misteri...
ga uash trlalu d pikirkan... tul ga..??

S@ndhie mengatakan...
on 

posting menarik nih! Tx udah dishare buat kita semua ya

eha mengatakan...
on 

jam di rumahku juga gitu sob,
angka 4 nya bukan di tulis dengan IV tp IIII
tadinya sifa pikir karena kesalahan tp waktu mengamati jam2 yg bentuknya kuno spt tu di TV, ternyata juga sama.
mungkin jam2 besar kuno dengan pendulum tu emng di ciptakan demikian, kpn2 ku lihatin fotonya..

sifa mengatakan...
on 

knp ya kok bisa gt

heri mengatakan...
on 

wah gw bru sadar jam gadang angka 4 na sperti itu...bneran nieh???
,,
 
kunjung balik ya di

Free Facebook Layout 
Naikan traffic dgn promosi blog lewat facebook 
Cara Memasang flash label di blog
 
 
Jangan lupa ngomentnya xeps...!!!
 
________________________________________________________________________
Download segera software ini asyik di pake bwt nge-NET  

Flash LIve USB 1.2 

Nantikan Versi Selanjutnya....!

Hitsuke mengatakan...
on 

itu bisa karena disengaja atau karena lupa n' bingung.... salam...

cahyadi mengatakan...
on 

memang jam gadang adalah peninggalan bersejarah jadi harus di jaga dan di rawat dengan baik..

alfi mengatakan...
on 

mantep infonya... jadi tahu gue

Mas Doyok mengatakan...
on 

waaahhhh INDONESIA memang kaya dengan semua misteri plus semua tradisi plus semua keindahannya,.. LOVE INDONESIA ... PEACE///

butiku palace mengatakan...
on 

blog yang bagus........

ziendoo mengatakan...
on 

aku udah pernah lihat jam gadang, tapi ga merhatiin segitu detilnya. jadi ceritanya begitu yah. hmm..jadi nambah wawasan nih. thnks yah. makasih udah mampir di blogku. :)

princess mengatakan...
on 

kalo menurutku ga aneh kok, ga misteri juga.. biasa aja.. paling juga kelebihan bahan hehe... *ngaco dah..*

ducky isenggg mengatakan...
on 

waw, ternyata dan rupanya... hehehe

neilhoja mengatakan...
on 

wahh, baru tahu nih..
info yg bagus..

rizka mengatakan...
on 

Produk jam kuno memang seperti itu. Angka 4 ditulis IIII bukan IV. Saya juga punya jam dinding kuno yang angka 4 nya ditulis IIII.

indonesiatop mengatakan...
on 

bau tau ne q, hahahahaha

ayuri mengatakan...
on 

mungkin itu angka 4 romawi sebelum di standarisasi, saya ingat dulu punya jam angka romawi angka 4-nya IIII buka IV

ya itu cuma mungkin lho

bay mengatakan...
on 

wah hebat juga ya jam ini cuma ada 2 di dunia. Soal angka 4 itu nggak dipasang semestinya karena angka 4 itu bawa sial. denger2 sih begitu
XP Themes|PowerPoint|PowerPoint Template

pdf to word mengatakan...
on 

Ada apa dengan IIII?

Nimaya John mengatakan...
on 

Wah pasti ada sesuatu dibalik angka IIII...

iklan gratis tanpa daftar mengatakan...
on 

wwahhh misteri yg blum bisa trpecahkann!

Obat herbal maag kronis mengatakan...
on 

sejarah yg mnarik sekali!!

Obat herbal maag kronis mengatakan...
on 

wahhh nice info!

Obat herbal maag kronis mengatakan...
on 

misteri yg blum terpecahkan...

Obat herbal kanker darah mengatakan...
on 

mungkin yg bikinnya klupaan angka 4 romawi...

ckckckckck...

Obat herbal insomnia mengatakan...
on 

nice post gan....

Obat herbal diare mengatakan...
on 

wahh,,, sampai saat ini masih jdi misteri ya,,,

Obat herbal asam urat mengatakan...
on 

misteri yg blum terpecahkan ya gan....

aneh jga ya!

Obat herbal diabetes mengatakan...
on 

misteri yg blum bisa terpecahkan...

Agen xamthone plus tarakan mengatakan...
on 

waduh,,, aneh bgt ya,,,

Agen xamtone plus banjarmasin mengatakan...
on 

bahasan yg mnarik sobat...

Agen xamthone plus berau mengatakan...
on 

misteri yg aneh,,,

Pengobatan asam urat mengatakan...
on 

wah, memang menjaid tanda tanya nih, ko bukan IV ya??

Pusat Penjualan Obat Herbal dan Alami mengatakan...
on 

sungguh misteri yang aneh...

jus kulit manggis mengatakan...
on 

IIII dan IV...
itu hanya kesalahan biasa atau disengaja.

jus xamthone plus mengatakan...
on 

sungguh aneh..

cara pemesanan jus xamthone plus mengatakan...
on 

mungkin yg buat lupa kali angka 4 romawi,,,,,, :D

Obat herbal glaukoma mengatakan...
on 

nice share sob,,,, mantap

Obat herbal nyeri haid mengatakan...
on 

Artikelnya sangat menarik gan,

Obat Stroke mengatakan...
on 

Oh jadi begtu ane beru tahu nih hee..

Obat Kanker Prost mengatakan...
on 

mungkin yang buatnya bukan orang romawi kali :)
sip deh infinya
thank's ya
salam kenal ja !

Obat Stroke Ampuh mengatakan...
on 

I should definitely say I'm impressed with your blog. I had no trouble navigating through all the tabs as well as related info. The site ended up being truly simple to access. Excellent job..

Why You Need to Know Your Baby's Weight Percentile mengatakan...
on 

maksudnya apa ya?

Ace Maxs mengatakan...
on 

eummm gitu yah...
makasih infonya

obat migrain alami mengatakan...
on 

What is most commendable of the fact is the way it has been 'organized' and with this you just have to do it in the best manner. I am going to tell you the best service where you have to do the best things. With specific jobs you just have to ensure greatest things in your best manner.

packers and movers mumbai mengatakan...
on 

Thanks for sharing nice articles on the site i like it and i am again visit few days of the site....

Pakistani matrimonial sites mengatakan...
on 

biarlah misteri ttp jd misteri...
ga uash trlalu d pikirkan... tul ga..??

odoy mengatakan...
on 

aku udah pernah lihat jam gadang, tapi ga merhatiin segitu detilnya. jadi ceritanya begitu yah. hmm..jadi nambah wawasan nih.

yadi mengatakan...
on 

kunjungan sore ikut nyimak artikelnya mas salam kenal

nenden mengatakan...
on 

nice post.

hanafiah mengatakan...
on 

baru tau ada yg kaya begeni ya...thx infonya gan...nambah wawasan

lampu kabut mobil mengatakan...
on 

wei111
Handbags designer label clothing and accessories for men and women, people gave birth to Sense does not lose the fashion socially acceptable, when they buy these designers Were. To ensure that the facilities are well-worn nails Hermes Bags USAperson, is that they themselves as socially and attractive.Just anyone can now find an item they are looking for style, which is acceptable to society and, unlike some Years. In today's fashion, something that is right for you, list of who decides has really made a difference. Accessories, such as designer handbags, this concept includes It goes a step further. These bags have a special place in the head of every woman. Attention the latest trends in designs and styles to make an impression without end. Buy handbags Online, you can find a large collection of Chanel Handbagshandbags and choose the one that complete you.Fashion is an essential part of every woman. For many women, handbags beautiful accessory that makes a fashion statement in its entirety. Define their designer handbags Your taste and style Chanel Handbags, if you're like most women. Keys, cell phone, receipts with Wallet, card, make-up, just to keep in your purse. However, it is not always easy to buy handbags online Chanel Bags Salecoupon. You must ensure that the investment you make, it's worth it do not buy a replica or fake, if you are considering buying a designer piece. Fake bags Quality is never the same as a real similar, Cheap Authentic Chanel although they can be read ones.Designer brands like Tatianna, Modapelle, Hayrer, Patinni, Nappa, Valentino, Chanel, and many others can be viewed in the online market handbags today.

weiyating111 mengatakan...
on 

makasih infonya ..
sukses terus ..:)

obat radang tenggorokan anak mengatakan...
on 

Thanks for posting this. i really had good time reading this.

allskyshop mengatakan...
on 

keren infonya, saya juga baru nyadar

Label Baju Indo mengatakan...
on 

keren juga ya jam gadang

Order Label Baju mengatakan...
on 

Posting Komentar

Mari saling Bertukar Komentar. Escampur88 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi rekan-rekan yang mau menyisahkan waktunya untuk berpendapat mengenai informasi yang kami berikan.

BELUM PUNYA BLOG? bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau laine (contoh: http://profiles.friendster.com/69373374)