Rabu, 12 Agustus 2009

Menampilkan Kode HTML Pada Blog Dengan Mudah

Dahulu saat memulai membangun blog ini EsCampur88 harus mencari tips dan trik agar blog ini tampak lebih indah dan enak untuk dinikmati para pembaca, berbagai scrip HTML ataupun java Script dimasukin kedalam blog ini. Ya, semuanya diperoleh dari para master blogger yang memberikan ilmunya + script-script yang dibutuhkan. Lalu, bagaimana mereka dapat menampilkan kode HTLM atau Java Script tersebut pada postingan blog mereka? Mesti ada ketentuan khusus lho.

Bagi kamu yang sering menyisipkan kode HTML atau sejenisnya pada postingan kamu, maka yang muncul adalah bukan tulisannya melainkan gambaran yang dihasilkan oleh kode HTML tersebut. Lihatlah contohnya pada kotak pelanggan atau sebuah iklan pada bagian postingan ini, sesungguhnya semuanya terdiri atas beberapa kode HTML.

Nah sekarang kita kan coba buat kode HTML, agar dapat tampil pada postingan atau artikel di blog kita. Tapi . . .?
Ya setelah keliling-keliling EsCampur 88 sepertinya mesti belajar banyak dulu untuk mengubahnya dan itu lumayan rumit bagi kita newbie di dunia blogger ini. Contohnya seperti ini,

Jika kita olah satu persatu kode yang ada misalkan untuk satu karakter pembuka saja yang biasa kita lihat berikut: < jika ingin ditampilkan pada postingan maka yang harus kita tulis adalah < dan untuk karakter penutup > yang harus kita tulis agar tampil yang kita maksud adalah > belum lagi karakter lainnya semisal karakter &, tanda kutip dan lainnya.

Sebagai contoh untuk menampilkan kode link HTML sederhana berikut ini, pada postingan,

Hakimtea

Maka kode di atas harus kita PARSE terlebih dahulu dan yang harus kita tulis sebelum dipublish (pada Edit HTML/HTML bukan Visual/Compose) sebagai berikut,

<a href="http://hakimtea.net">Hakimtea</a>

Gimana, lumayan rumit? Ga usah bingung karena banyak sekali web yang menyediakan jasa untuk memPARSE kode HTML secara instan, praktis dan cepat agar dapat tampil pada postingan blog kita.
Berikut Escampur88 rekomendasikan tiga website yang menyediakannya:
1. centricle.com, Anda bisa menggunakan jasa centricle untuk memparse html dan aturannya pun cukup sederhana hanya mengcopy-paste kode html yang akan di parse pada kotak yang telah disediakan kemudian klik ENCODE, maka tampilah kode HTML yang telah diparse dan siap dicopas untuk tampil pada postingan blog Anda. Atau klik DECODE untuk mengembalikan pada kode semua.

2.blogrowds.com, Aturannya sama dengan centricle Anda cukup mempaste kode HTML pada kotak yang disediakan kemudian klik PARSE. Jika ingin lebih jelas disamping kanannya terdapat instruksi penjelasan tentang cara penggunaan tool satu itu.

3. accessfiy.com, Demikian pula dengan accessify yang menyediakan jasa layanan Parse HTML dan menamakannya Quick Escape. Setelah kode HTML di paste pada kotak tersedia klik Convert to Escape characters.

Gimana gampang bukan, sebenarnya ini rahasia para masternya blogger lho dalam membuat sebuah blog tuttorial. Masih ada yang lain dan yang lebih baik? silahkan berikan informasinya pada kotak komentar.
Share/Save/Bookmark

Menyenangi artikel di atas, mau berlangganan secara gratis kami akan kirim ke emailmu

Masukan E-Mail kamu dibawah ini, dan dapatkan info terbaru dari EsCampur88:

Delivered by FeedBurner




Baca Juga :


Widget by EsCampur88

Comments :

42 komentar to “Menampilkan Kode HTML Pada Blog Dengan Mudah”

aku dari dulu pake centricle heheheh :D

mas doyok mengatakan...
on 

Informasi yang bermanfaat, bisa diaplikasi nih...

BELAJAR BELADIRI mengatakan...
on 

Tia pake blogrowds.com kak.... cepet nga pake lama :)

Cyntia mengatakan...
on 

Artikelnya Wuahhh banget nih thanks ya sob, ungkap terus rahasia master blogger hehehe...

Bhakti mengatakan...
on 

Artikelnya menarik sekali...
Semoga banyak rahasia master blogger yang bisa terungkap,Apalagi newbie kayak saya butuh banyak ilmu lagi..

Deogracias mengatakan...
on 

Centricle I Love you my....wkwkwk...

Muhammad Akrom mengatakan...
on 

nice post

bmt-link online mengatakan...
on 

Boleh juga tuh :-)

Rusli mengatakan...
on 

artikel kerennnn

andi rimba mengatakan...
on 

mantaf infonya bro

bisnis online untuk pemula mengatakan...
on 

makasih mas ,mest nyoba nih

Fahri M. mengatakan...
on 

info yg bguss mss!

thanks

Obat herbal maag kronis mengatakan...
on 

ane suka pake blogcrowds aja gan,,, lebih simple!

Obat herbal maag kronis mengatakan...
on 

tips yg bgusss mas!

Obat herbal maag kronis mengatakan...
on 

thanks sob infonya...

Agen xamthone plus surabaya mengatakan...
on 

mantap mas broo...

mkasihh ya!

Agen jelly gamat surabaya mengatakan...
on 

di parse ya sob..

thanks ya!

Agen xamthone plus bandung mengatakan...
on 

pantesan sring eror kkau ngposting html,,, trnyata hrus di parse dulu...

mksihhhh ya!

Agen xamthone plus medan mengatakan...
on 

mantap jga nih infonya!

Agen xamthone plus sidoarjo mengatakan...
on 

mkasih banyak ya mass,,,,

Obat herbal glaukoma mengatakan...
on 

pastinya di parse terlebih dulu ya gan,,,

Obat herbal asam urat mengatakan...
on 

like this mas,,,

thanks ya!

Obat herbal diabetes mengatakan...
on 

htur nhunn sngt nih mas infonya,,,

Agen xamthone plus magetan mengatakan...
on 

thanks ya,,,

di jajal!

Agen xamthone plus karawang mengatakan...
on 

ouh jdi bgtu ya mass...
sipplah ;D

pengobatan asam urat mengatakan...
on 

thanks nih infonya

Gamat gold mengatakan...
on 

A good discussion for the use of HTML in blogger. Such a wonderful post. Nice!

iphone app development mengatakan...
on 

You have a very good blog, its excellent information in its field. You have done a great job, keep doing it for to help, people like me. Excellent and impressive work done for the needy people,I really thankful to you and really inspire me.

Website Designer mengatakan...
on 

makasih gan atas informasinya :D

Obat herbal usus buntu mengatakan...
on 

Tks infinya.

PELUANG USAHA HANYA DUA LANGKAH MUDAH mengatakan...
on 

diparse ya sob :D

Obat alami kanker prostat mengatakan...
on 

thanks sob buat informasi yg anda berikan :D

Obat penyakit gula darah alami mengatakan...
on 

Keep up nice posting!

9A0-148 mengatakan...
on 

Terimakasih banyak gan

anwarsidik mengatakan...
on 

thanks sobat buat infonya

Ace Maxs mengatakan...
on 

nice informasi sob

Obat kulit manggis mengatakan...
on 

infonya keren

Obat kanker paru paru mengatakan...
on 

makasih atas tipsnya

Pengobatan gondok mengatakan...
on 

I am very glad to see you over bearing and nice articles on the site....
heathrow to w2 | southend to w2

airport pickup w2 mengatakan...
on 

Very informative. I actually believe that the commenting rules are as significant as the list itself.

Forex mengatakan...
on 

makasih infonya ..
sukses terus ..:)

obat radang tenggorokan anak mengatakan...
on 

Its really beautiful news to be shared..

allskyshop mengatakan...
on 

Posting Komentar

Mari saling Bertukar Komentar. Escampur88 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi rekan-rekan yang mau menyisahkan waktunya untuk berpendapat mengenai informasi yang kami berikan.

BELUM PUNYA BLOG? bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau laine (contoh: http://profiles.friendster.com/69373374)