Affiliate Banner

Senin, 17 Agustus 2009

Asal Muasal Nama Merek Elektronik Dunia.

Sering berkunjung ke toko elektronik? sahabat tentu akan sering melihat berbagai merek kenamaan dunia. Baik berupa nama atau hanya sekedar menampilkan sebuah logo. Ya semua nama yang mereka miliki tentu memiliki sebuah arti, yang tentunya menjadi lambang dari produk mereka. Berikut adalah sebagian arti atau asal muasal dari nama-nama yang mereka gunakan sebagai produk dagangnya. Sahabat sudah tahu?


Nama produk yang mereka pilih dari yang hanya sebuah singkatan sampai memiliki nilai sejarah, Mari kita kenal lebih dekat asal muasal namanya:
1. Kodak
George Eastman merupakan pendiri dari perusahaan tersebut pada tahun 1888. Eastman mencari nama yang pendek untuk dijadikan merek dengan alasan lebih mudah diucapkan dan hanya merujuk kepada produknya. Kemudian dia mengatakan bahwa dirinya menyukai huruf "K" karena memiliki kesan kuat dan tajam dibanding dengan huruf yang lain. Setelah itu Eastman ingin memiliki sebuah merek yang diawali dan diakhiri dengan huruf "K", setelah bermain dengan huruf akhirnya mendapatkan sebuah nama KODAK

2. Nintendo
Nama Nintendo bila diterjemahkan dalam bahasa inggris berati "Leave Luck to Heaven". Nama Nintendo sendiri sebenarnya terasa lebih pas sebelum mereka bergelut di bidang video games, pada tahun 1889 telah membuka usaha kartu permainan Jepang yang disebut kartu Hanafuda dengan desain gambar-gambar bunga.

3.
Sega
Sega memulai bisnisnya di Hawaii pada tahun 1940 sebagai penyedia game standart berupa mesin Pinball untuk memberikan hiburan para prajurit perang. Pada 1951, perusahaan ini pindah ke Tokyo, Jepang dan menamai dirinya "Service Games" untuk mencerminkan perusahaan bisnisnya di bidang mesin permainan yang menggunakan koin untuk memenuhi kebutuhan prajurit Amerika. Pada 1965, Service Games merger dengan Rosen Enterprises dan namanya disingkat menjadi SEGA.

4. Nokia
Perusahaan Elektronik Modern seperti Nokia pada awalnya bukan merupakan perusahaan selular seperti saat ini. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1865 merupakan pabrik kertas yang berada di Tampere, Finlandia. Ketika pemiliknya Fredrik Idestam membuka pabrik kedua di Nokia, Finlandia, dia ingin agar nama kota tersebut menjadi nama merek.
Nama kota tersebut diambil dari nama sungai yang melintasi kota tersebut, Nokianvirta River.

5. Toshiba
Toshiba dibentuk pada tahun 1939, merupakan hasil merger dari dua perusahaan. Tokyo Denki adalah perusahaan yang bergerak dibidang consumer goods dan perusahaan mesin Shibaura Seisakusho. Mengambil beberapa huruf didepan dari masing-masing perusahaan "TO" dan "SHIBa" maka lahirlah merek Toshiba.

6. Sanyo
nama Sanyo berarti "tiga lautan" dalam bahasa Jepang; pendiri perusahaan ingin menjual produknya melalui jalur samudra India, Atlantik, dan Pasifik untuk mencapai seluruh dunia.

7. Seiko
perusahaan pembuat arloji yang mengambil nama dari kata Jepang yang berarti "sempurna" atau "sukses".

8. Canon
Ketika Precision Instrumen Laboratorium Optikal pertama kali mulai dikembangkan di Jepang, awalnya menggunakan lensa kamera 35mm yang dilengkap dengan focal plane shutter, para insinyur mengatakan bahwa ini merupakan penciptaan "Kwanon", setelah dewi Buddha memberi petunjuk.Ketika kamera telah siap dijual di seluruh dunia pada 1935, perusahaan memutuskan untuk sedikit merubah nama menjadi "Canon" sehingga akan lebih mudah diterima bagi pasar internasional.

9. Sharp
produsen Elektronik nya mulai pada tahun 1912 bergerak dibidang logam untuk memenui toko Tokuji Hayakawa secara pribadi termasuk spesialis kancing gesper. Pada 1915, Hayakawa meningkatkan permintaannya menjadi pensil mekanik yang dikenal dengan nama Ever-Sharp, dan untuk menghargai karyanya, Hayakawa mulai menjuluki perusahaan itu "Sharp."

10. Motorola
Pendiri perusahaan Paul Galvin memilih nama itu pada konvensi ejaan penamaan lama yang meletakkan "-ola" pada akhir kata nama-nama radio seperti Victrola. Sejak Galvin dan perusahaan yang membuat radio yang bisa dibawa kemana-mana, ia menggabungkan kata "motor" dengan "-ola" untuk mendapatkan nama merek tersebut.

11. Samsung
Samsung memulai usahanya pertama kali pada tahun 1938 ketika Lee Byung-Chull membuka "Samsung Store" di Korea. Toko yang pada awalnya difokuskan pada ekspor ikan kering dan buah-buahan, tetapi melompat ke elektronik di tahun 1960-an. Samsung merupakan sebuah bahasa korea yang berarti "bintang tiga," yang memberi isyarat keberuntungan dari nomor tiga.

12 Apple, Inc
Pada saat awal berdiri, perusahaan Steve Jobs masih belum memiliki sebuah nama selama kurang lebih 3 bulan. Pada saat Steve Jobs makan buah apple maka tercetuslah ide untuk memberi nama perusahaan dengan nama Apple.

13. Casio
Awal berdirinya Casio merupakan pabrik Sub kontaktor. Nama Casio diambil dari nama pendiri, Kashio Tadao.

14. Compaq
Berasal dari kata Computer dan Pack yang mengartikan komputer kecil yang terintegrasi, sesuai dengan produk pertama mereka yang sangat compact Compaq Portable.

Sekarang kita menyadari bahwa nama memiliki arti penting bagi sebuah produk, ya tidak seperti pepatah yang mengatakan 'Apalah arti sebuah nama'. Maka untuk menciptakan sebuah peluang usaha, nama memiliki arti yang sangat penting, apalgi jika nantinya usaha tersebut berkembang menjadi besar. Nah Bagaimana dengan nama blog ini Es Campur 88? ada yang mau berkomentar bagaimana namanya.



Share/Save/Bookmark

Dapatkan artikel lainnya dari email kamu secara gratis

Masukan E-Mail kamu dibawah ini, dan dapatkan info terbaru dari EsCampur88:

Delivered by FeedBurner


Affiliate Banner

Baca Juga :


Widget by EsCampur88

Comments :

518 komentar to “Asal Muasal Nama Merek Elektronik Dunia.”

jepang hebat2 ya.

obat tbc mengatakan...
on 

canggih deh.

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...
on 

hahahahah,,,keren abiz.

obat hepatitis mengatakan...
on 

thanks info nya n salam kenal ja

xamthone plus mengatakan...
on 

info yg bagus nih..

obat asam urat mengatakan...
on 

wah aku malah baru tau nih sob

obat diabetes mengatakan...
on 

Visit here to notice.

obat darah tinggi mengatakan...
on 

masing" trnyata ada sejarahnya ya

obat asma mengatakan...
on 

oh,,,nokia itu asal mulanya pabrik kertas

obat herbal kanker payudara mengatakan...
on 

Sega memulai bisnisnya di Hawaii pada tahun 1940 sebagai penyedia game standart berupa mesin Pinball untuk memberikan hiburan para prajurit perang. Pada 1951, perusahaan ini pindah ke Tokyo, Jepang dan menamai dirinya "Service Games" untuk mencerminkan perusahaan bisnisnya di bidang mesin permainan yang menggunakan koin untuk memenuhi kebutuhan prajurit Amerika.

obat jantung koroner mengatakan...
on 

George Eastman merupakan pendiri dari perusahaan tersebut pada tahun 1888. Eastman mencari nama yang pendek untuk dijadikan merek dengan alasan lebih mudah diucapkan dan hanya merujuk kepada produknya. Kemudian dia mengatakan bahwa dirinya menyukai huruf "K" karena memiliki kesan kuat dan tajam dibanding dengan huruf yang lain. Setelah itu Eastman ingin memiliki sebuah merek yang diawali dan diakhiri dengan huruf "K", setelah bermain dengan huruf akhirnya mendapatkan sebuah nama KODAK

obat herbal kanker prostat mengatakan...
on 

info yang menarik sob mengingat nama2 seperti apple, toshiba, compaq dll adalah top brand dunia saat ini...oke bngt ya.

obat batu empedu mengatakan...
on 

bru tahu nihh..

obat leukemia mengatakan...
on 

nice post nih..hahahaha..

agen xamthone plus mengatakan...
on 

oh jadi begitu ceritanya asal muasal nama merk elektronik dunia. . oe baru tahi nih.

Obat herbal XAMthone plus mengatakan...
on 

terima kasih gan informasinya, sukses selalu!

Ace Maxs dan Testimoninya mengatakan...
on 

ini harus ada dibuku sekolah nie.

obat penurun kolesterol mengatakan...
on 

harus pada tau nie gan.

obat herbal kanker hati mengatakan...
on 

nambah pengetahuan nie.

obat leukimia mengatakan...
on 

bgs ya info ini.

obat herbal kanker paru paru mengatakan...
on 

postingan terbarunya di tunggu gan,

sukses selalu ya.

Obat Penyakit Sakit Pinggang mengatakan...
on 

makasih gan informasinya, jadi begitu yah sejarahnya merek mereka didapat.

Obat kanker paru-paru mengatakan...
on 

Thanks for sharing the article I feel strongly about it and love learning more from this stuff. It is extremely helpful for me.

RC Helicopter UK mengatakan...
on 

yhx informasinya gan :)

obat tradisional ace maxs mengatakan...
on 

Ooohhh.. baru tahu saya. haah

salam kenal , kunjungan pertama nih, ijin nyimak blog abang ya.

Obat stroke alami mengatakan...
on 

oh jadi begitu sejarah nama nama elektronik. ,. ane baru tahu nih, ,akasih gan buat informasinya.

Cara mengobati impotensi mengatakan...
on 

mNtap banget gan infonya

Ace maxs mengatakan...
on 

sejarah yg baru ane tahu gan

Obat alami kanker payudara mengatakan...
on 

mas tukeran link yu , kalo minat komen balik ya, nanti saya langsung taruh link juragan di web saya , oke,

Ace Maxs mengatakan...
on 

Hi! I've been reading your site for a long time now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Lubbock Texas! Just wanted to say keep up the fantastic job!
My website : www.topuggbootjp.com

Anonim mengatakan...
on 

Mampir.. salam buat semuanya

Obat flek paru paru mengatakan...
on 

Berkunjung mas..

Obat kanker darah mengatakan...
on 

First of all let me tell you, you have got a great blog. I am interested in looking for more of such topics and would like to have further information. Hope to see the next blog soon.

share market live mengatakan...
on 

wah..
maknanya keren ya.. hihi
makasih infonya.. :D

obat alami kanker payudara mengatakan...
on 

thax informasinya gan

Be Ceritacom mengatakan...
on 

owh begitu tohhh,,, baru tau nih,

ekiosku.com mengatakan...
on 

sejarah yg menarik jga

obat gagal ginjal mengatakan...
on 

jadi tahu nih sekarang

Obat tumor payudara mengatakan...
on 

thanks sobattt

Obat herbal keputihan mengatakan...
on 

Hey there! I know this is somewhat off topic but I was wondering if you knew where I could find a captcha plugin for my comment form? I'm using the same blog platform as yours and I'm having trouble finding one? Thanks a lot!

Swim Cap mengatakan...
on 

I want to start my career a PHP developer but I know only HTML, JavaScript, Core PHP and CSS. Please tell me that these things are sufficient to become a PHP developer.

Web DevelopersVancouver mengatakan...
on 

wah terimakasih nih inforamsinya ,, sangat bermanfaat nih buat saya :)

obat alami ace maxs mengatakan...
on 

wah nambah lagi pengetahuan nih ,, thx ya :)

ace maxs mengatakan...
on 

kerenn ...
semakin canggih

obat herbal jantung koroner mengatakan...
on 

terimaksih atas infonya

obat herbal sakit pinggang mengatakan...
on 

sejarahnya begitu ya

Obat herbal wasir mengatakan...
on 

kebanyakan ada gabungan perusahaan ya

Obat tradisional jantung mengatakan...
on 

Makasih banyak atas info nya.

Ace maxs mengatakan...
on 

selamat sore n salam kenal,,,

wah keren artikelnya, saya jadi banyak pengetahuan

obat untuk asam urat mengatakan...
on 

nice to post

obat pasca stroke mengatakan...
on 

nice

pengobatan batu ginjal tradidional mengatakan...
on 

wah thx nih infonya

pengobatan stroke mengatakan...
on 

nice share nih gan

wina herbal mengatakan...
on 

lumayan buat tanbah ilmu

obat batu ginjal mengatakan...
on 

Terima asih atas infromasi yang sdah disampaikan sangat menarik sekali gan!ditunggu ja kunjungan bailknya

Obat Penyempitan Pembuluh Darah mengatakan...
on 

Your method of explaining all in this article is genuinely nice, all can effortlessly understand it, Thanks a
lot.

Here is my site: christianlouboutinoutletshopx.com

Anonim mengatakan...
on 

Dibalik nama ada cerita,

Rahman mengatakan...
on 

Thank you So Much For Sharing this Information!!!

Affordable SEO Services mengatakan...
on 

mantep ni informasinya.. makasih ya

cara mengobati gagal ginjal mengatakan...
on 

terimakasih. tambah terus artikelnya pak admin, agar masyarakat bisa mendapatkan tutorial yg lengkap

obat kista mengatakan...
on 

terimakasih. tambah terus artikelnya pak admin, agar masyarakat bisa mendapatkan tutorial yg lengkap

obat kista mengatakan...
on 



terima kasih artikelnya yang luar biasa ini ..
sering-sering mas kasih artikel untuk kebaikan situsnya juga...

obat asam urat mengatakan...
on 


Menarik sekali..
Artikel yang Anda berikan sangat bermanfaat,,
salam semangat..

obat asam urat mengatakan...
on 

It goes from currently a major rrncident to a cereals new exciting thrill.

Anyway there you already have it folks, a brief comparison
along with the two the game shoe brands. Jessica Simpson, Kate Hudson, Cameron Diaz, in order to name a limited.

You can maybe that or have the established template designed game
shoe i.e. http://wiki.asoiu.com/index.php/%D0%A3%D1%87%D0%B0%D1%81%D1%82%D0%BD%D0%B8%D0%BA:Elsie4941

Feel free to surf to my web blog ... air max

Anonim mengatakan...
on 

Can I just say what a relief to uncover someone that actually understands what they're talking about on the net. You certainly know how to bring an issue to light and make it important. More people should read this and understand this side of the story. I can't
believe you aren't more popular because you definitely possess the gift.

Also visit my blog ... Ray Ban Sunglasses

Anonim mengatakan...
on 

Excellent goods from you, man. I have take into accout your stuff previous to
and you are simply extremely wonderful. I actually like what you
have received right here, certainly like what you are stating and
the way wherein you assert it. You're making it enjoyable and you still care for to stay it smart. I can't wait to read far more from you.

This is really a wonderful site.

My blog ... Replica Watches

Anonim mengatakan...
on 

I am gratified to catch a glimpse of your blog I conceptualize it . It is an fascinating blog its your gratefulness for capitulating and giving out with us

Free Movie Download mengatakan...
on 

artikel yg menarik,,,,, bisa di fahami

obat asam urat rematik mengatakan...
on 

Excellent blog! Do you have any suggestions for aspiring writers?
I'm planning to start my own site soon but I'm a little lost on everything.
Would you propose starting with a free platform like Wordpress or go for a paid option?
There are so many options out there that I'm totally confused .. Any tips? Kudos!

My blog post :: トリーバーチ

Anonim mengatakan...
on 

This site was... how do you say it? Relevant!
! Finally I have found something that helped me. Thank you!


my homepage christian louboutin shoes

Anonim mengatakan...
on 

It's nearly impossible to find educated people about this subject, but you sound like you know what you're talking about!
Thanks

Here is my weblog Unknown

Anonim mengatakan...
on 

It's really very difficult in this busy life to listen news on TV, so I just use web for that reason, and take the most recent information.

my website; http://www.youtube.com

Anonim mengatakan...
on 

hahha,, 90 persen semuanya berasal dari bahasa inggris

obat benjolan di leher mengatakan...
on 

You're so cool! I don't suppose I've read something like this before. So good to find another person with some original thoughts on this issue. Really.. many thanks for starting this up. This website is one thing that's needed on the
internet, someone with a bit of originality!

Feel free to surf to my web page ... Replica Watches

Anonim mengatakan...
on 

mantap info sejarah elektroniknya gan...thx ya...

headrest monitor mengatakan...
on 

Home Made Skin Tag Removal - 5 Tips For Home Skin Tags Removal Do you have problems with skin
tags and don't know what to do. Once you do, you will know which type of remover to buy that will not irritate your skin. Skin tags can affect you and anybody else at any age and irrespective of your skin type.

my web-site - how can i remove skin tags

Anonim mengatakan...
on 

A few things that can help avoid this issue are taking digestive enzymes before eating
large meals, not drinking a lot of liquid before or while eating (this dilutes natural digestive enzymes and stomach acid), drinking a lot
of water, and adding probiotics to your diet.
Then the skinny guy finds weight gainers and tries them, or some other worthless supplement, and never really understands why he is not big and muscular like the other guys at the gym.
Those who think obesity is due to their genetic makeup
relish any news that 'fat genes' have been found as they look to blame something else
for their predicament rather than their own habits and behavior.


Feel free to visit my web blog ... how to gain weight in a month

Anonim mengatakan...
on 

Its like you read my mind! You appear to know so much about this, like you wrote
the book in it or something. I think that you can do with some pics to drive the message home a bit, but other than that, this is great blog.

A fantastic read. I will definitely be back.

my homepage symptoms of adult on...

Anonim mengatakan...
on 

I've been exploring for a little for any high-quality articles or blog posts in this sort of space . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this web site. Reading this info So i am glad to convey that I have an incredibly excellent uncanny feeling I discovered exactly what I needed. I most surely will make sure to don?t omit this site and provides it a glance regularly.

Here is my blog post :: Dragon City Cheat Engine

Anonim mengatakan...
on 

thanks atas informasinya

sitirobiah2013 mengatakan...
on 

Asking questions are in fact pleasant thing if
you are not understanding anything fully, but this
piece of writing gives pleasant understanding even.


My web page - car insurance brokers

Anonim mengatakan...
on 

thanks atas infonya

adi mengatakan...
on 

terimakasih atas info yang telah diberikan selama ini
ditunggu info unfo berikutnya yang lebih menarik dan keren. Thnks banget yah sebelumnya infonya sangat bermanfaat sekali.

Obat Batu Empedu mengatakan...
on 

Keep up the wonderful piece of work.

Anwar Hossain mengatakan...
on 

ijin meenyimak dan salam kenal sobat terus update

Obat Anemia mengatakan...
on 

gitu yah asal mula nyah?

obat herbal kanker rahim mengatakan...
on 

keren

slimming capsule mengatakan...
on 

mantap kawan,, great information

Pengobatan radang usus besar mengatakan...
on 

tancab ajibbb ajib nih infonya

Obat tumor kista herbal tanpa operasi mengatakan...
on 

ini baru info yg bermanfaat.....
tx infonya gan....
jadi tau denk sejarahnye...

ACE MAXS mengatakan...
on 

makasih infonya..
sukses terus :)

obat penyakit pegal di leher mengatakan...
on 

Obat pembesar penis

Obat Kuat viagra

Alat Pembesar Penis

Minyak Lintah Papua

VigRX plus

Vimax Indonesia

Obat penyubur sperma pria

Obat Semenax

Obat Peninggi Badan

Obat Penggemuk Badan

Pembesar Penis, Pembesar Alat Vital, Obat Pembesar Penis, Pembesar Payudara, Pembesar Vital Pria Wanita, Alami, Herbal, & Permanen

Obat Pelangsing Badan

Obat Penurun berat badan

Cara Menghilangkan Jerawat

Krim Pemutih Wajah

Obat penumbuh Rambut
Mari saling Bertukar Komentar. Escampur88 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi rekan-rekan yang mau menyisahkan waktunya untuk berpendapat mengenai informasi yang kami berikan.

Pemerah Bibir

Apotik Obat Perangsang Wanita mengatakan...
on 

maksih mas, saya jadi tahu asal muasalnya nih :)

Unknown mengatakan...
on 

Looking for BET365 alternative link?

Bet365 mengatakan...
on 

ane baru tahu nih gan :D

obat alami kista tiroid mengatakan...
on 

All article something is should be clear but Apple, Inc it think is not clear.

CSS3 Generator mengatakan...
on 

All article something is should be clear but Apple, Inc it think is not clear.

CSS3 Generator mengatakan...
on 

haha, ane baru tahu tuh gan :D

Jus Kulit Manggis Plus Daun Sirsak mengatakan...
on 

kunjungan pagi gan , mkasih atas info nya

Obat Tipes Alami mengatakan...
on 

entah lah perawan atau tidak ya gampang lah gan

Obat Tipes Alami mengatakan...
on 

http://forum.tribunnews.com/showthread.php?7412407-Alat-Pembesar-Penis

Pembesar Penis Alami mengatakan...
on 

oh nokia juga terbikin dari nama sungai yah,,
malah aku baru tau nih,,
hehe
makasih banyak atas infonya http://shoppings.ml/

Clara A. Shivers mengatakan...
on 

sip mas..
thanks info n share nya...

Make Money Online

Unknown mengatakan...
on 

thanks share nya n salam kenal ja.
Make Money Online

Unknown mengatakan...
on 

makasih infonya ya

Label Baju Indo mengatakan...
on 

artikelnya keren , manfaat banget ya infonya ...
salam kenal.........makasih buat infonya


http://unityworldbd.com/archives/909

Unknown mengatakan...
on 

keren informasinya mas..thanks share nya n salam kenal ja



http://unityworldbd.com/archives/909

Anonim mengatakan...
on 

Nice post. http://goo.gl/qRwZXu

Unknown mengatakan...
on 


I was extremely impressed thanks for sharing all information. It is a great post for the people to get the proper information.

Oasim Khan Rana mengatakan...
on 

This aticle is nice.any others in home in spain please contact usSpainForSale.Properties
• Villas for sale in La Mairena
• Villas for sale in La Quinta
• Villas for sale in Las Brisas
• Villas for sale in Guadalmina Baja
• Villas for sale in Guadalmina alta
• Villas for sale in Los Almendros
• Villas for sale in Nagüeles
• Villas for sale in Puerto Banus
• Villas for sale in San Pedro de Alcántara
• Villas in Sierra Blanca
• Villas for sale in Marbella Golden Mile
go to this site
http://www.spainforsale.properties/

Md. Sohag Ali mengatakan...
on 

Thank you for Share
http://www.spainforsale.properties/
SpainForSale.Properties
• Villas for sale in La Mairena
• Villas for sale in La Quinta
• Villas for sale in Las Brisas
• Villas for sale in Guadalmina Baja
• Villas for sale in Guadalmina alta
• Villas for sale in Los Almendros
• Villas for sale in Nagüeles
• Villas for sale in Puerto Banus
• Villas for sale in San Pedro de Alcántara
• Villas in Sierra Blanca
• Villas for sale in Marbella Golden Mile

Unknown mengatakan...
on 

Alexandra Stan Biography

mr meshkat mengatakan...
on 

This is very nice post.Thank you for your interesting post.Thank you very much
excel physiotherapy

Unknown mengatakan...
on 

awesome....really beautiful.

cutoutstudiouk mengatakan...
on 

awesome....really beautiful.

cutoutstudiouk mengatakan...
on 

Nonton Bokep Terbaru dan Terlengkap

NontonBokep mengatakan...
on 

I like your information.

online pharmacy app development

Abid Ali Balospura mengatakan...
on 

Hello,
It was a very nicely written article. I like to read it. It was totally informative and topic you covered here, I am totally agreed with you. I must say that I have learnt so many things from it.
Thank you for sharing this article. Keep writing. Thank you so much.

pharmacy app development mengatakan...
on 
«Terlama ‹Lebih tua   401 – 518 dari 518   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Mari saling Bertukar Komentar. Escampur88 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi rekan-rekan yang mau menyisahkan waktunya untuk berpendapat mengenai informasi yang kami berikan.

BELUM PUNYA BLOG? bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau laine (contoh: http://profiles.friendster.com/69373374)