Senin, 20 Juli 2009

Mari Sambut Ramadhan

Kan Masih Satu Bulan Lagi? Lho
Kamis, 24 Juli 2009
penanggalan masehi, tepat tanggal satu syakban itu bearti lebih kurang satu bulan lagi insya Allah Ramadhan akan kembali menyapa kita. Bulan penuh rahmat bagi seluruh umat muslim di dunia. Penuh rahmat karena di bulan ini semua dosa-dosa kita diampuni, setiap tindakan kebaikan kita dihargai amalan yang tinggi oleh Allah SWT. Tapi, masih banyak dari kita yang melewatinya dengan tidak optimal, sehingga terlewat begitu saja (ya termasuk saya sendiri sich he..he). Berikut Tipsnya, semoga kita dapat melewati bulan ramadhan dengan optimal dan kembali fitrah di hari yang fitri (amien)


Tidak dapat melaksanakan bulan ramadhan seoptimal mungkin diantara kita mungkin disebabkan antara lain karena kondisi fisik yang sangat lemah setelah menjalani puasa. Secara umum ada tiga persiapan yang mesti kita lakukan, yaitu:

1. Persiapan Ruh dan Jasad
Dengan cara mengkondisikan diri agar pada bulan Sya’ban (bulan sebelum Ramadhan) kita
telah terbiasa dengan berpuasa. Sehingga kondisi ruhiyah imaniyah meningkat , dan tubuh sudah terlatih berpuasa Dengan kondisi seperti ini, maka ketika kita memasuki bulan Ramadhan, kondisi ruh dan iman telah membaik, yang selanjutnya dapat langsung menyambut bulanRamadhan yang mulia ini dengan amal dan kegiatan yang dianjurkan. Di sisi lain, tidak akan terjadi lagi gejolak fisik dan proses penyesuaian yang kadang-kadang dirasakan oleh orang-orang yang pertama kali berpuasa, seperti: lemah badan, demam atau panas dingin dan sebagainya.
Rasulullah saw menganjur kan kepada kita agar kita memperbanyak puasa sunnah pada bulan Sya’ban ini dengan cara memberikan contoh langsung dan aplikatif . ‘Aisyah RadhiyaLlahu ‘anha berkata: ”Rasulullah saw ber puasa, sampai-sampai kami mengiranya tidak pernah meninggalkannya”. Demikian dalam riwayat Bukhari dan Muslim.
Dalam riwayat lain dikatakan bahwa: ”Beliau melakukan puasa sunnah bulan Sya’ban sebulan penuh, beliau sambung bulan
itu dengan Ramadhan”. (Hadits shahih diriwayat kan oleh para ulama’ hadit s, lihat Riyadhush-Shalihin, Fathul Bari, Sunan At-Tirmidzi dan lain-lain).
Anjuran tersebut dikuat kan lagi dengan menyebut kankeutamaan bulan Sya’ban. Usamah bin Zaid pernah bertanya kepada Rasulullah saw. Katanya: ”Ya Rasulullah, saya tidak melihat engkau berpuasa pada bulan-bulan yang lain sebanyak puasa di bulan Sya’ban ini?” Beliau saw menjawab: ”Itulah bulan yang dilupakan orang, antara Rajab dan Ramadhan, bulan ditingkatkannya amal perbuatan kepada Allah swt Rabbul ‘Alamin. Dan aku ingin amalku diangkat sedang aku dalam keadaan berpuasa”. (HR An-Nasa-i).

2.Persiapan Materi.
Bulan Ramadhan merupakan bulan muwaasah (bulan santunan). Sangat dianjurkan memberi santunan kepada orang lain, betapapun kecilnya. Pahala yang sangat besar akan didapat oleh or ang yang t idak punya, manakala ia memberi kepada orang lain yang berpuasa, sekalipun Cuma sebuah kurma, seteguk air atau sesendok mentega.
Hal ini sebagaimana dicerit akan oleh Ibnu Abbas RadhiyaLlahu ‘anhu: ”Sungguh, Rasulullah saw saat bertemu dengan malaikat Jibril, lebih dermawan dari pada angin yang dilepaskan”. (HR Muttafaqun ‘alaih).
Santunan dan sikap ini sudah barang tentu tidak dapat dilakukan dengan baik kecuali manakala
jauh sebelum Ramadhan telah ada persiapan-persiapan materi yang memadai, Ya gimana mau memberi jika yang mau diberi tidak ada. Jadi selagi bulan Ramadhan belum datang yuk kita nabung (Ingat loh setiap kebaikan di bulan ramadhan di hargai 70 kali lipat)

3.Persiapan Fikri (Persepsi).
Nah ini yang, juga tidak boleh kita lewatkan. Sebelum bulan Ramadhan datang kita juga mesti menyiapkan pemahaman pentingnya bulan Ramadhan. Sehingga menimbulkan motifasi bagi kita untuk melakukannya sebaik mungkin, tanpa merasa berat melakukannya. Banyak kebaikan yang dapat kita peroleh dari bulan Ramadhan dan tidak kita peroleh di bulan lainnya. apa saja? Silahkan baca kutipan khotbah Rasulullah silahkan baca disini dan informasi menarik lainnya mengenai persiapan kita menuju bulan Ramadhan disini.

MARHABAN YA RAMADHAN

Share/Save/Bookmark

Baca Juga :


Widget by EsCampur88

Comments :

8 komentar to “Mari Sambut Ramadhan”

makasih artikelnya nih, sangat bermanfaat.

narti mengatakan...
on 

iyah memang bener, semua meski dipersiapkan,...

nice info,...!!!!

ina mengatakan...
on 

nice ,.... sngat bermamfaat infox mnjelang ramadhan taon ini! thanks

fakrule bromo mengatakan...
on 

sip...sangat bermanfaat, Ri..
Semoga puasa ramadhan tahun ini jauh lebih baik dari yang sebelumnya

Putri mengatakan...
on 

Assalamu 'alaikum, berkunjung sobat, semoga kita diberi kesempatan untuk beribadah dengan lebih baik dari yg sebelumnya pada ramadhan kali ini, dan hal itu tidaklah terlaksana kecuali berkat taufiq dari Allah.

cahayaislam mengatakan...
on 

nice article. informatif dan bermanfaat. semoga kita bisa mengoptimalkan diri menyambut dan mengisi bulan Ramadhan yg mulia..
semangat..!!!

naritha mengatakan...
on 

bismillahirrohmanirrohiim, assalamu'alaikum... MARHABAN YA RAMADHAN

Rockgirl mengatakan...
on 

Terima kasih sharing artikelnya sobat, sangat bermanfaat untuk sambut Ramadhan.

Bunga Sempurna mengatakan...
on 

Posting Komentar

Mari saling Bertukar Komentar. Escampur88 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi rekan-rekan yang mau menyisahkan waktunya untuk berpendapat mengenai informasi yang kami berikan.

BELUM PUNYA BLOG? bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau laine (contoh: http://profiles.friendster.com/69373374)