Sabtu, 25 Juli 2009

Mari Atasi Migrain Dengan Mengatur Pola Hidup

Syukur akhirnya migran 'kelas' berat yang pernah kurasakan beberapa bulan yang lalu, tidak terasa lagi. Berbagai cara dilakukan untuk mengobati penyakit yang sempat membuat aktivitasku sedikit terhambat. Tapi, akhirnya sedikit demi sedikit Migran ku hilang. Mendengarkan pesan beberapa orang 'tua' yang telah banyak makan asam garam hidup, saya mengikuti saran mereka dan semua berakhir. Apa saja saran mereka?


Apa itu Migrain?
Migrain adalah nyeri kepala berdenyut yang kerapkali disertai mual, muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Sakit kepala ini paling sering hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang-kadang berpindah ke sisi sebelahnya, tetapi dapat mengenai kedua sisi kepala sekaligus.

Menurut Wartamedika migrain dapat digolongkan menjadi dua yaitu:
  • Migrain Biasa (migrain tanpa aura) : Kebanyakan penderita migrain masuk ke dalam jenis ini. Migrain biasa ditandai dengan nyeri kepala berdenyut di salah satu sisi dengan intensitas yang sedang sampai berat dan semakin parah pada saat melakukan aktifitas. Migrain ini juga disertai mual, muntah, sensitif terhadap cahaya, suara, dan bau. Sakit kepala akan sembuh dalam 4 sampai 72 jam, sekalipun tidak diobati.
  • Migrain Klasik (migrain dengan aura ) : Pada jenis klasik, migrain biasanya didahului oleh suatu gejala yang dinamakan aura, yang terjadi dalam 30 menit sebelum timbul migrain. Migrain klasik merupakan 30% dari semua migrain.
Migrain juga berdampak kepada kondisi tubuh yang lain, seperti mual, wajah menjadi
sembab, penglihatan kabur, tangan dan kaki terasa dingin. Ya. memang saat saya mengalami sakit migrain, teman-teman dan saudara pada melihat saya bertambah sembab (pipi bertambah besar) walaupun saya sendiri merasa tidak mengalami kenaikan berat badan.

Oh, ya kembali kita kepada pembahasan diatas ya, berikut hal-hal yang saya lakukan untuk mengurangi gejala dan penyakit migrain, dan alhamdulillah terbukti tokcer:
  1. Banyak Meminum air saat bangun pagi, Ya ini merupakan saran seorang dosen saya, ya secara ilmiah air memiliki ion-ion yang berguna sebagai penghantar rangsangan serta menurunkan nilai viskositas (kekentalan) darah kita. Sebagaimana kita ketahui darah juga berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh kita (termasuk pada bagian kepala). Maka dengan semakin rendahnya vikositas darah (darah semakin cair), maka peredaran oksigen pada bagian kepala akan semakin lancar. Karena bisa jadi dengan terhambatnya aliran oksigen padakepala dapat menyebakan timbulnya sakit kepala. Dianjurkan juga untuk meminum air putih pada saat bangun tidur, ya Di Jepang sekarang ini sangat popular sekali trend minum air segera setelah Bangun pagi. Apalagi, test ilmiah telah membuktikan keampuhannya. Kami memberikan deskripsi penggunaan air kepada pembaca kami dibawah ini. Terapi air ini telah dibuktikan sukses oleh kumpulan pengobatan Jepang untuk penyakit lama dan serius dan juga penyakit moderen. Penyakit-penyakit tersebut adalah sebagai berikut: Sakit kepala, sakit badan, system jantung, arthritis, detak jantung cepat, epilepsi, kelebihan berat badan, asma bronchitis, penyakit ginjal dan urin, muntah-muntah, asam lambung, diare, diabetes, susah buang air besar, semua penyakit mata, rahim, kanker, datang bulan lancar, dan penyakit telinga, hidung dan kerongkongan.
  2. Jauhi makanan sumber-sumber penyebab migrain. Ada beberapa zat yanng dapat memicu migrain, seperti caffein, alkohol. Jika migrain disebabkan oleh alergi, jauhi sumber alergi, misal, coklat, susu, keju, dan monosodium glutamat (MSG) dalam vetsin. Kurangi minum kopi atau teh. Adakalanya sedikit cafein/kopi dapat meredakan migrain. Namun lebih dari secangkir kopi akan menambah rasa nyeri migrain. Selain itu, jauhi juga cologne dan bau-bauan yang menyengat karena dapat memperparah migrain.
  3. Hangatkan bagian leher. Ya, selama menderita migrain saya rutin mandi mengunakan air hangat kuku, terbukti cara ini efekti untuk menghilangkan aura yang timbul sebelum saya mengalami migrain (biasanya sebelum migrain, saya mengalami pusing-pusing dan perut terasa mual). Secara ilmiah, Leher biasanya adalah bagian tubuh yang bekerja berat menopang kepala. Kelelahan pada leher dapat memicu rasa sakit kepala. Saat beristirahat, coba hangatkan leher anda. Atau, beri sedikit pijatan lembut.
  4. Hindari cahaya dengan intensitas tinggi, seperti bohlam dan layar monitor komputer (VGA). Sebagai, orang yang senang menghabiskan waktu didepan layar komputer dampak ini sangat terasa terhadap penyakit migrain saya. Maka saya menyarankan bagi penderita migrain yang senang beraktivitas didepan komputer, agar segera mengganti layar monitor nya dengan monitor anti radiasi seperti layar LCD. Mau tahu begitu besarnya radiasi yang dihasilkan dari sebuah layar non LCD, ambil handycam, camera digitalmu atau media penyimpan video, lalu lihatlah layar komputermu maka akan terlihat cahaya berkedip-kedip. Hal ini menunjukan besarnya radiasi yang dihasilka layar komputermu dan ini tidak akan kamu temuakan pada layar komputer seperti LCD.
  5. Seringlah memakan buah-buahan dengan kandungan vitamin A, Ya pengalaman saya , dengan sering mengkonsumsi tomat maka vitalitas mata saya kembali normal dan ini juga berhubungan dengan nutrisi bagi darah kita, sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh (termasuk bagian kepala)
  6. Beristirahatlah, dan inilah langkah yang tidak boleh kamu tinggalkan. Jangan tidur terlalu larut.


Share/Save/Bookmark
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Baca Juga :


Widget by EsCampur88

Comments :

28 komentar to “Mari Atasi Migrain Dengan Mengatur Pola Hidup”

Betul2 itu!! terutama buah, itu penting makax kita harus perbanyak makan buah-buahan!! thanks atas infonya, sangat bermanfaat!!

Hikmah San mengatakan...
on 

selamat malam, infonya bagus banget, thanks ya

wardiaja mengatakan...
on 

thanks infonya, boleh copas gak nih?

narti mengatakan...
on 

Nice Post Fiend thanks ya

Ronaldo Rozalino mengatakan...
on 

postny mantab gan.,.,.,.,.keep update :)

tiramizu mengatakan...
on 

saya kira mengatasinya dengan es campur, hehe..becanda. thanks infonya, salam kenal..comment balik ya.

digital life mengatakan...
on 

air ternyata luar biasa, yah...
biasanya bangun tidur malah nyari kopi dam rokok. trim's ya tips-nya.

salam!

Abdullah Alawi mengatakan...
on 

thenks infonya ya sob

Mas Doyok mengatakan...
on 

minum air putih saat bangun tidur...kalo dah jadi kebiasaan. insyaAllah ngga sering sakit :)

fitri alifah mengatakan...
on 

thenkyu infonya,...

ina mengatakan...
on 

Thanks infonya sobat, kadang-kdang saya kalu kecapaian migrainnya muncul

Blokinfo mengatakan...
on 

Terimakasih infonya sobat, memang pola hidup sehat akan membuat kita semakin sehat.

kwangkxz mengatakan...
on 

thx yah bro.... sering ngeblog >< takut jg sering kena migrain (sampe saat ini sih belon)

Edwin mengatakan...
on 

Thank ya informasinya, sangat bermanfaat

blogpopuler mengatakan...
on 

mantapz gan tipznya...
sering migran gara2 puzink ngerjain TA.... :-D

japraxxx mengatakan...
on 

alhamdulillah sampai saat ini aku belum terlalu sering mengalami penyakit yang nama nya migrain,mudah2 an begini seterusnya.thanks info nya sob.....

Macam2 Tips mengatakan...
on 

AKu punya AWard buat kamu Ambil dan TErimalah!

an Expert Rohman mengatakan...
on 

Kalo aku sih sering migrain, apalagi pas kantong bokek, migrainnya malah tambah parah. Thanks atas infonya, mungkin kalo saya obatnya cukup pakai doku aja.

mbahdien mengatakan...
on 

wah infonya keren sob

Buitenz Blog mengatakan...
on 

wow..nice info and nice blog...luar biasa bermanfaat nich infonya..

chankak23 mengatakan...
on 

Migran....its really headache...he2x.thx for ur info

Bussiness mengatakan...
on 

Visiting your friendly blog and please put your step at my blog :)

Business Directory mengatakan...
on 

"mampir jga y sob???? dn jgn lupa ksh comment...."

Zhys mengatakan...
on 

ya, jg lupa minum air putih minimal 2 liter setiap hari (spt kata iklan itu loh.....:)

indah mengatakan...
on 

mengatur pola hidup itu emg sangat diperlukan mengingat aktivitas yg terlalu padat trutama bagi mereka yg tinggal dijakarta.

endopicky mengatakan...
on 

sebenarnya saya adalah seorang yang tak perduli kesehatan. ada tips ga yang perfek untuk membantu saya? kunjungannya

ferdinan mengatakan...
on 

wah thanks banget infonya. tapi yg dimaksud aura migrain itu apa ya ?

Rosi Atmaja mengatakan...
on 

oke fren, keren banget ni tutornya......
Sangat bermanfaat gitu loh..

Sapro mengatakan...
on 

Posting Komentar

Mari saling Bertukar Komentar. Escampur88 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi rekan-rekan yang mau menyisahkan waktunya untuk berpendapat mengenai informasi yang kami berikan.

BELUM PUNYA BLOG? bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau laine (contoh: http://profiles.friendster.com/69373374)