Selasa, 02 Juni 2009

Pulau Soqotra - Pulau Teraneh di Dunia

Pulau yang berada di wilayah negara Yaman ini adalah pulau terpencil yang didiami sekitar 40.000 orang. Nama Soqotra itu sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya 'Pulau Kebahagiaan'. Jadi Apa yang membuat aneh pulau ini?


Kalau dilihat pantainya sih sekilas gak ada yang aneh. Pasir putih, batuan koral, air laut yang jernih, kayanya pantai-pantai di Indonesia juga gak kalah menarik dengan pantai di pulau Soqotra. Tapi.. liat dulu deh pohon-pohon dan tanaman-tanaman yang ada di pulau ini.. Huaaaaaa..
Aneh banget! Berasa kaya liat tanaman dari planet lain! Nggak heran sih.. Karena banyak pohon dan tumbuhan di pulau ini termasuk dalam kategori flora endemis, yang artinya tidak akan pernah ditemukan di tempat lain di dunia selain di pulau Soqotra. Bahkan ada beberapa varietas yang diprediksikan telah mencapai usia 20 juta tahun louh! Hueeew..
socotra-island-300
Kita liat lebih dekat beberapa contoh tanaman-tanaman yang ada di sana. tinggal tambahin kursi sama meja di bawahnya bisa bikin kafe nih
Nah, ini yang pertama. Pohon dengan bentuk yang sangat aneh dan pastinya gak akan pernah kita temuin di halaman tetangga sebelah, Namanya pohon Darah Naga atau dracaena cinnabari. Bentuknya aneh kan ?! Mirip pesawat ruang angkasa atau mirip jamur kalau diliat dari atas. Pohon ini, oleh penduduk setempat, biasa dijadikan sumber obat 'segala macam' jenis penyakit. Konon pohon ini juga dijadikan bahan untuk ritual sihir pada jaman abad pertengahan. Dan dapat dipastikan ini akan menjadi pohon favorit saya buat background foto kalau suatu saat nanti saya bisa ke Soqotra
Pernah denger tentang tanaman adenium? Itu loh tanaman yang suka ada di pot-pot yang bentuknya kaya talas bogor tapi berbunga.. Nah, kalo Adenium biasa sih, kayanya kita udah sering liat. Tapi liat deh Adenium yang ada di pulau Sokotra. Nama latinnya adenium obesium atau disebut juga Mawar Padang Pasir. Adenium jenis ini kayanya gak bakal muat deh kalo ditaro di pot. Gede banget Tapi hebatnya tanaman ini sepertinya gak perlu tanah deh. cukup taro aja di batu-batuan dan jadilah dia sebesar ini.ini adalah contoh adenium yang mengalami obesitas

Kalo yang ini katanya, masih satu famili sama pohon ketimun. namanya dendrosicyos socotranum. Saya sendiri sih nggak pernah liat yang namanya pohon ketimun, tapi feeling saya mengatakan bahwa pohon ketimun di Indonesia akan terlihat jauh berbeda dari yang ini
pohon sejenis timun yang kesepian….

Sewaktu saya memperlihatkan gambar-gambar ini kepada salah seorang teman saya dan mengungkapkan keinginan untuk pergi ke Sokotra, dia malah menganggap saya aneh. Karena buat dia tanaman-tanaman itu memberi efek rasa yang tidak menyenangkan. Semacam 'geli' katanya. xD
Mungkin persepsi orang memang berbeda-beda. Tapi saya sendiri tetap menganggapnya mengagumkan Walaupun saya mungkin akan berpikir ulang mengenai keinginan saya untuk pergi ke Pulau Soqotra karena beberapa fakta ini :

* Pulau Soqotra adalah pulau yang memiliki iklim tropis padang pasir. Panasnya dapat mencapai 40 derajat celcius. - 22 tahun tinggal di negara tropis, kalo liburan ke tempat yang panas juga kayanya gak seruuu deh >,< * Karena Pulau Soqotra adalah pulau yang dilindungi keles tari anehnya di sana hampir tidak dibangun jalanan. Satu-satunya jalanan yang ada di sana , baru dibangun sekitar 2 tahun lalu. itu pun dengan perjanjian yang alot antara Pemerintah Yaman dan UNESCO. - heuuu, dapat dibayangkan kalo pengen keliling-keliling di pulau ini, mungkin kita harus membawa onta pribadi.
* Agar tidak banyak turis yang datang ke Pulau Soqotra dan agar kealamian dari pulau Soqotra itu tetap terjaga maka jangan harap menemukan hotel atau tempat peristirahatan di sana , -silakan bawa tenda sendiri kalau mau berkunjung -,-" Akhirnya, mungkin pulau Soqotra memang bukan tujuan wisata yang tepat dan nyaman. Lagipula jauh lebih baik jika pulau ini tidak terlalu banyak dijamah oleh manusia, yang ada nanti malah habitat aslinya rusak. kita cukup mengagumi keanehan pulau ini melalui gambar-gambarnya ^^.

Baca Juga :


Widget by EsCampur88

Comments :

15 komentar to “Pulau Soqotra - Pulau Teraneh di Dunia”

bagus juga ni jadi tempat alternatif untuk liburan.....oke banget tempatnya

gudangbola mengatakan...
on 

sepertinya tempat ginian ngakan ditemui...yok bareng-bareng kita kesana...

gudangbola mengatakan...
on 

mer baru liat tempat paling aneh sedunia neh...
klo mer kesana mgkin mesti naek helikopternya tus cuma ikut foto2 sama objek2 aneh di pulau saqotro...
lumayan ken bisa dijadiin brang antik..

hehehehe....

Merin mengatakan...
on 

Untuk Adenium-nya..emang keren....Adenium obesitas :lol:

Itu beneran jenis timun ato 'pohon' timun... :D

syelviapoe3 mengatakan...
on 

Kalo pohon itu ada di Indonesia pasti udah habis di jual di pasar...buktinya Eidelweiss saja udah mulai di babat habis ;(

MaHaMeRu mengatakan...
on 

wui mantab2 infonya bos
thanks ya

blogger senayan mengatakan...
on 

wawa negara yang sangat unik dengan segala isinya,infonya juga mantab mas,karna saya baru tau neh ada pulau yang punya keanehan luarbiasa,salam

IMAM MEQELS mengatakan...
on 

Itulah Kekuasan dan Kebesaran TUHAN,yang patut kita renungkan telaah bersama dan yang penting kita pelihara dan jaga agar semua ttep terpelihara dengan baik,heheheh,salam

IMAM MEQELS mengatakan...
on 

ok bgt ini tempat...

hotcursor mengatakan...
on 

wah makasih infonya:
kunjungi blog saya: www.mzharfan.blogspot.com

M Zharfan Pasca Hadian mengatakan...
on 

Wau,,, keren banget,,,

iklan gratis tanpa daftar mengatakan...
on 

Oke dan keren,, hehe

Nimaya John mengatakan...
on 

wiih keren, pohonnya pada aneh banget tuh, coba kalo di indonesia ada yaa, pasti udah pada di tebang, eh ups, mudah-mudah sih ngga terjadi

Obat XAMthone Plus mengatakan...
on 

Commendable job done by you. Congratulations!!!

litigation funders mengatakan...
on 

sangat suka sekali info nya
saya tunggu info lain nya gan

Mengatasi Kerak Pada Saluran mengatakan...
on 

Posting Komentar

Mari saling Bertukar Komentar. Escampur88 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi rekan-rekan yang mau menyisahkan waktunya untuk berpendapat mengenai informasi yang kami berikan.

BELUM PUNYA BLOG? bisa pakai 'Comment As: name/URL. masukkan nama dan FS, FaceBook, Multiplay atau laine (contoh: http://profiles.friendster.com/69373374)